Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Apresiasi Kegiatan Donor Darah di Masa Pandemi

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:32 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Instagram/@herubudihartono)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Instagram/@herubudihartono)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menghadiri kegiatan Bakti Sosial Donor Darah ketiga yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB), di Gedung Parkir Elevated B sisi utara, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2022).

Heru mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan bakti sosial donor darah ini. Menurutnya, kegiatan ini telah mendukung pemenuhan ketersediaan darah, terutama di masa pandemi covid-19.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada PMI dan IKA UB atas inisiatifnya dalam upaya mendukung pemenuhan ketersediaan darah, terutama di masa pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya usai ini. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, yang akan mendonorkan darah, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Heru, Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Akan Panggil Camat dan Kasudin LH, Masalah Pungli Gerobak Sampah

Lebih lanjut, Heru mengatakan, kegiatan donor darah secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mendeteksi penyakit serius sedini mungkin. Selain itu, lanjut dia, risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah pun dapat diminimalkan dengan rutin melakukan donor darah.

Sementara itu, Ketua Panitia IKA UB, Dida Sarkan, mengatakan pihaknya menargetkan 1.000 kantong darah terkumpul dari pendonor. Dia menyebutkan, kegiatan ini merupakan wujud aksi nyata dan panggilan kemanusiaan untuk berani berdonor di masa pandemi.

Baca Juga: Peringati Hari Santri Nasional 2022 Pj Gubernur DKI Heru Salurkan Bantuan Sarana Pertanian

"Stok darah di PMI dilaporkan masih di bawah angka yang dibutuhkan akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan darah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pendonor. Oleh karena itu, kita tidak boleh terdiam melihat saudara kita kesulitan mendapatkan darah," ujar Dida.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X