Khawatir Virus Korona, 6 Orang dari Singapura Diperiksa di Batam

- Minggu, 9 Februari 2020 | 22:34 WIB
 Ilustrasi (REUTERS/Benoit Tessier)
Ilustrasi (REUTERS/Benoit Tessier)

Virus korona terus menyebar di berbagai negara. Apabila sebelumnya disebutkan, 20 negara telah terinfeksi. Kini, jumlah tersebut diperkirakan bertambah, termasuk di Singapura.

Warga Singapura yang terpapar virus 2019 n-CoV ada 33 orang. Negara tersebut sempat dilanda kepanikan, membuat masyarakat memborong keperluan sehari-hari. Kekhawatiran juga dirasakan di Indonesia, khususnya Batam, wilayah yang dekat dengan Singapura.

Apalagi, ada kabar enam orang dari Singapura yang diduga terkena virus korona menyebrang ke Batam.

Hal tersebut dibantah oleh Dinas Kesehatan di Batam. Pihaknya telah memeriksa suspect virus korona yang berjumlah enam orang tersebut.

Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto menyebutkan, Minggu (9/2/2020), pemeriksaan juga dilakukan sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).

"Jadi, enam orang tersebut bukan suspect. Protokol WHO menyatakan bahwa suspect tidak boleh melakukan perjalanan lintas negara. Suspect adalah orang yang sakit dan sedang menunggu hasil tes. Sehingga 6 orang tersebut tidak mungkin dalam status suspect," sebutnya.

Apalagi, enam orang tersebut juga mudah diajak kerja sama, termasuk menemui pihak dinkes. Hasilnya, mereka aman dari virus korona.

"Tim KKP dan Dinkes Tanjungpinang telah menemui 6 orang tersebut. Semua orang atau pelaku perjalanan yg disebut dalam laporan tsb dapat ditemui, dianamnesis dan diperiksa. Hasil pemeriksaan tdk menunjukkan demam dan tidak sesak napas," ujarnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X