Begini Cara Cegah Virus Corona dengan Hand Sanitizer Sederhana

- Jumat, 13 Maret 2020 | 11:21 WIB
Ilustrasi hand sanitizer. (ANTARA/Nova Wahyudi)
Ilustrasi hand sanitizer. (ANTARA/Nova Wahyudi)

Sejak merebaknya virus corona (covid-19) di berbagai negara, masker dan hand sanitizer mendadak langka. Kelangkaan ini membuat banyak masyarakat yang khawatir.

Terkait langkanya 2 benda penting tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membagikan cara pembuatan hand sanitizer sederhana yang bisa dibikin sendiri di rumah.

“Bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia. Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir karena bisa membuatnya sendiri. Tentunya tetap dalam pengawasan orang dewasa atau yang sudah berpengalaman,” ujar Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono, Jumat (13/3/2020).

-
Ilustrasi penggunaan hand sanitizer. (freepik)

Adapun bahan-bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan hand sanitizer sederhana, yaitu 50 mililiter air yang berfungsi sebagai pelarut, 200 ml Ethanol berkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptik.

Kemudian, satu sendok teh Carbomer untuk pengental, 33 ml Propylene glycol yang berfungsi sebagai pelembab, dan tiga tetes Triethanolamine yang berfungsi sebagai pengikat pH.

Jika digabungkan, formula tersebut akan menghasilkan 250 mililter hand sanitizer dengan kadar alkohol sebesar 63%.

Berikut cara pembuatannya:

  1. Campurkan air dan propylene glycol ke dalam wadah bersih (panci alumunium atau pinggan pyrex) sambil dipanaskan dan juga diaduk-aduk.
  2. Tambahkan carbomer sedikit demi sedikit sampai temperatur mencapai 80-90 derajat. Tunggu sampai semua bahan tercampur dan larut sempurna.
  3. Tambahkan triethanolamine agar campuran tersebut berubah menjadi gel. Kemudian, Tambahkan ethanol sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel.

Namun, di tahap terakhir dilakukan tanpa proses pemanasan. Hal tersebut untuk menghindari penguapan dan pengadukan dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, hand sanitizer yang berbentuk gel ini siap untuk digunakan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X