Salah Isi Tahun Lahir, Remaja di Singapura Ini Disuntik dengan Vaksin yang Tak Sesuai Usia

- Jumat, 4 Juni 2021 | 13:11 WIB
Ilustrasi vaksinasi. (REUTERS/Stephane Mahe)
Ilustrasi vaksinasi. (REUTERS/Stephane Mahe)

Remaja 16 tahun di Singapura tak sengaja memasukkan tahun lahir yang salah saat mendaftar vaksinasi, akibatnya dia  salah disuntik dengan vaksin Modena (Moderna), yang hanya berlaku untuk orang di atas 18 tahun, saat vaksinasi kemarin.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan Singapura mengeluarkan pernyataan bersama pagi ini, yang menyatakan bahwa seorang anak laki-laki berusia 16 tahun pergi ke Pusat Vaksinasi Klub Komunitas Conan Ayer pada tanggal 3 Mei untuk mendapatkan dosis pertama vaksin virus corona.

Dikutip dari Oriental Daily, berdasarkan penyelidikan, remaja tersebut salah memasukkan tanggal lahir saat menerima link pendaftaran dan membuat janji temu untuk periode vaksinasi. Akibatnya, usianya yang terdaftar di atas 18 tahun.

Namun ketika staf vaksinasi mendaftarkan remaja di tempat, pihak staf tidak memeriksa kembali usia remaja tersebut yang seharusnya dilakukan.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan menanggapi kejadian tersebut dengan serius dan meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kecemasan yang disebabkan oleh kesalahan tersebut. Pihak berwenang juga menjelaskan kepada orang tua remaja tersebut.

Kementerian Kesehatan telah meninjau secara menyeluruh prosedur pusat vaksinasi untuk mencegah kejadian serupa terjadi lagi. Ini termasuk memperkuat proses penunjukan online untuk memastikan bahwa pemberi vaksin hanya dapat membuat janji ke pusat vaksinasi tertentu berdasarkan kondisi individu.

Namun, remaja tersebut diyakini tidak mengalami masalah keamanan baginya karena divaksin dengan vaksin Modena.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X