Tegas, Ini Alasan Putin Tolak Pengungsi dari Afghanistan

- Senin, 23 Agustus 2021 | 14:22 WIB
Vladimir Putin. (REUTERS/Mikhail Voskresenskiy)
Vladimir Putin. (REUTERS/Mikhail Voskresenskiy)

Presiden Rusia Vladimir Putin tegas menolak warga yang mengungungsi dari Afghanistan karena ketakutan setelah negara tersebut dikuasai Taliban.

Sebelumnya juga sempat muncul usul agar sebagian pengungsi Afghanistan ditampung di negara yang dekat dengan Rusia. Namun, usulan tersebut mendapat penolakan dari Putin.

Putin mengatakan bahwa ia tidak mau ada kelompok militan yang tinggal di Rusia atau pun di dekat negara tersebut.

"Kami tidak ingin militan muncul di sini di bawah perlindungan pengungsi," kata Putin, dikutip dari Reuters, Senin (23/8/2021).

Usulan beberapa negara Barat untuk merelokasi pengungsi dari Afghanistan ke negara-negara tetangga di Asia Tengah mendapat kritik habis-habisan dari Putin.

"Apakah itu berarti bahwa mereka dapat dikirim tanpa visa ke negara-negara itu, ke tetangga kita, sementara mereka sendiri (Barat) tidak ingin membawa mereka tanpa visa? Mengapa ada pendekatan yang memalukan untuk memecahkan masalah?" kata Putin.

Di saat sejumlah negara bahu-membahu mengevakuasi warga dari Afghanistan, Moskow justru memuji Taliban yang karena telah mengembalikan ketertiban usai mengambil alih negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov bahkan mengapresiasi Taliban yang dinilai telah menepati janji mereka.

"Kami melihat pernyataan-pernyataan yang dibuat oleh Taliban mengenai penghentian aksi pertempuran, amnesti untuk semua yang terlibat dalam konfrontasi, perihal perlunya dialog nasional itu sekarang sedang dijalankan," kata Sergei.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X