Wow! Sketsa Kecil Berusia 500 Tahun Milik Leonardo da Vinci Dijual Seharga Rp173 Miliar

- Jumat, 9 Juli 2021 | 19:16 WIB
Sketsa milik Leonardo Da Vinci. (Photo/India Times)
Sketsa milik Leonardo Da Vinci. (Photo/India Times)

Sebuah sketsa kecil beruang karya Leonardo da Vinci dijual dengan harga 12 juta dollar (Rp173 miliar) berhasil memecahkan rekor harga untuk sebuah gambar oleh seniman renaisans.

Gambar yang dikenal sebagai "Kepala Beruang" dilaporkan berusia lebih dari 500 tahun dan berukuran hanya di bawah 3 inci kali 3 inci. Benda itu adalah satu dari hanya delapan lukisan Leonardo yang tersisa di tangan pribadi.

-
(Photo/India Times)

"Sebuah demonstrasi luar biasa dari penguasaan Leonardo da Vinci yang tak tertandingi sebagai juru gambar dan sikapnya yang inovatif terhadap studi tentang alam, studi mendalam tentang kepala beruang ini adalah salah satu dari sejumlah kecil gambar olehnya yang masih di tangan pribadi," kata pihak Christie's, dilansir dari situs webnya.

Baca juga: Yatim Piatu, Bocah 12 Tahun Ini Tak Punya Biaya untuk Mengobati Luka Bakarnya

Sketsa itu dibuat di atas selembar kertas persegi berwarna merah muda-krem pucat berukuran hanya di bawah 3 inci menggunakan titik perak, teknik yang diajarkan kepada Leonardo oleh tuannya, Andrea del Verrocchio, yang merupakan seniman terkemuka di Florence pada saat itu.

-
(Photo/India Times)

Rumah lelang Christie tidak mengungkapkan identitas pembeli. Namun, itu dijual dengan satu tawaran dari seorang pria dan seorang wanita. Dari laporan, sketsa itu telah berpindah tangan beberapa kali selama berabad-abad. Sketsa itu juga telah dipajang di institusi besar termasuk Galeri Nasional di London, Louvre Abu Dhabi dan St Museum Pertapaan Negara Petersburg.

-
(Photo/India Times)

Gambar itu sebelumnya dimiliki oleh pelukis dan kolektor Inggris Sir Thomas Lawrence, sebelum dijual di Christie's, menurut rumah lelang. Pada paruh pertama abad ke-20, gambar itu milik kolektor Inggris lainnya, Kapten Norman Robert Colville.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X