Mau Lolos Beasiswa LPDP? Coba Ikuti 7 Tips Berikut Ini

- Jumat, 25 Oktober 2019 | 15:13 WIB
ilustrasi/pexels
ilustrasi/pexels

Siapa yang tidak tahu dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)? Beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Keuangan ini beberapa tahun terakhir banyak diburu orang-orang yang ingin melanjutkan program Master dan Doctor di dalam atau luar negeri. Bagaimana tidak, beasiswa ini menawarkan fasilitas lengkap kepada para penerima beasiswa.

Selain mendapatkan biaya kuliah, penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan biaya hidup selama menjalani studi dan biaya penelitian. Setiap tahunnya, ada puluhan ribu orang yang mendaftar beasiswa ini. Maka tak heran bila pemerintah mulai menerapkan proses seleksi yang cukup ketat. Tapi kamu tak perlu khawatir dan bingung meskipun syaratnya dan proses seleksinya ketat, kamu bisa coba tips dari para Awardee LPDP di bawah ini agar lulus beasiswa LPDP. Mau tau apa saja tips yang bisa kamu coba supaya lulus beasiswa LPDP? Simak informasi berikut ini.

1. Miliki tekad yang kuat

-
ilustrasi/pexels

Tips yang pertama ini, langsung dari Awardee LPDP di Aix-Marseiile Universite, France bernama Kurniasari Aisyiah. Menurutnya, hal utama yang harus diperhatikan ialah tekad yang kuat. Untuk meraih beasiswa ini bukanlah hal yang mudah, ada banyak tantangan, persiapan dan perjuangan yang harus dilakukan untuk mendapatkannya. Jangan pernah menyerah melewati setiap prosesnya.

2. Durasi waktu yang harus diperhatikan

-
ilustrasi/pexels

Setelah tekad, hal selanjutnya yang tak kalah penting ialah durasi waktu pendaftaran. Biasanya beasiswa ini hanya membuka waktu pendaftaran 3 sampai 4 bulan. Jika sudah mengetahui waktu pendaftaran, ada baiknya jika kamu mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan.

3. Tentukan jurusan yang sesuai

-
instagram/@a.maruff

Ahmad Ma'ruf, Awardee LPDP di ITB mengatakan bahwa untuk melanjutkan program pendidikan Master atau Doctor, sebaiknya pilih jurusan yang sejalan dengan pendidikan S1. Namun, tidak masalah jika jurusan yang diambil juga bertentangan dengan pendidikan S1. Kamu hanya perlu menguatkan alasan kenapa mengambil jurusan tersebut.

4. Lengkapi berkas penting seperti TOEFL, IELTS dan lainnya

-
instagram/@arsyanhilmans

TOEFL, IELTS menjadi salah satu syarat utama untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Awardee LPDP di Aberdeen University, UK Arsyan Hilman mengatakan bahwa para Awardee biasanya kalah di bagian writing. Menurutnya, ini terjadi karena kurangnya menulis. Untuk memenuhi score TOEFL, IELTS yang ditentukan oleh universitas, ada baiknya jika kamu mempersiapkan diri dengan melakukan kursus/pelatihan.

5. Jangan lupakan berkas pendukung penting lainnya

-
ilustrasi/pexels

Selain TOEFL, IELTS, kamu juga tak boleh lupa untuk membawa berkas penting terkait dengan identitas diri. Misalnya saja KTP, KK dan akta kelahiran. Kamu juga bisa membawa sertifikat organisasi yang didapat saat menempuh jenjang pendidikan. Satu hal lagi nih yang tak kalah pentingnya, yaitu berkas seperti ijazah dari jenjang SD sampai perguruan tinggi, transkip nilai dan surat pernyataan pendaftar beasiswa. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan sertifikat bahasa. Ini juga menjadi point penting untuk mendapatkan beasiswa LPDP.

6. Percaya diri

-
ilustrasi/pexels

Harry Marareza, Awardee LPDP di UGM mengatakan bahwa untuk mendapatkan beasiswa ini, kita tidak bersaing dengan orang lain, tapi dengan diri sendiri. Ketika diri sendiri merasa berhak menerima beasiswa ini, maka percaya dirilah untuk melanjutkannya.

7. Banyak berdoa

-
ilustrasi/pixabay

Karena persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini tidak mudah, jangan pernah berhenti berdoa. Minta dan serahkan semua pada Tuhan Yang Maha Esa. Namun hal ini harus dibarengi dengan usaha dan kerja keras.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X