Cegah Karhutla Melanda Indonesia, Begini Saran Pimpinan DPR kepada Pemerintah

- Rabu, 24 Februari 2021 | 10:51 WIB
Kebakaran hutan dan lahan di Riau. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Kebakaran hutan dan lahan di Riau. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyoroti mengenai adanya ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia. Azis berkata, pemerintah harus fokus kepada pemulihan fungsi hutan, serta memberikan sanksi tegas kepada pihak-pihak yang dengan sengaja merusak fungsi hutan.

"Sanksi tegas pengusaha atau perseorangan yang sengaja membuka lahan melalui cara membakar," ujar Azis kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Ia pun meminta pemeritah dapat melakukan kejian dan merancang upaya untuk meminimalisasi karhutla di masa mendatang. Kemudian mengimbau kepada masyarakat di wilayah terdampak karhutla untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi sebaran asap yang meluas. 

"Upayakan pemadaman di titik-titik yang terjadi karhutla guna menghindari wilayah yang terdampak kebakaran semakin meluas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan melibatkan Polisi Hutan serta TNI," jelasnya.

Lebih lanjut, Azis ingin Pemerintah untuk melakukan modifikasi cuaca dengan menciptakan hujan buatan dalam operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna mempercepat proses pemadaman lahan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Oleh karenanya, kedepan perlu dilakukan upaya-upaya mitigasi risiko dan solusi penanganan oleh KLHK bersama Pemda dan BPBD untuk lebih meningkatkan dan mengintensifkan pengendalian dan pencegahan karhutla dengan meningkatkan patroli untuk mengawasi adanya titik api.

"Sosialisasikan pencegahan karhutla kepada masyarakat, menggerakkan posko-posko pengendalian karhutla, mengkoordinir potensi daerah serta meningkatkan koordinasi antar pihak terkait. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk selalu menginformasikan keadaan dan kondisi cuaca, terutama sebaran asap dari titik-titik api di sejumlah wilayah yang terjadi karhutla," pungkas Azis.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X