Alhamdulillah, Dua sumur Wakaf Masyarakat Aceh di Jalur Gaza Palestina Difungsikan

- Jumat, 26 Maret 2021 | 23:51 WIB
 Warga Palestina saat menikmati air dari sumur yang dibuatkan berkat wakaf masyarakat Aceh, Kamis (25/3/2021) (ANTARA/HO/Dok.ACT)
Warga Palestina saat menikmati air dari sumur yang dibuatkan berkat wakaf masyarakat Aceh, Kamis (25/3/2021) (ANTARA/HO/Dok.ACT)

Dua sumur wakaf masyarakat Aceh yang berada di di Jalur Gaza dan Al-Shayma di Kota Beit Lahia Gaza Utara Palestina telah dirampungkan dan mulai difungsikan karena sudah mengaliri air bersih.

"Kedua sumur wakaf tersebut telah berhasil mengalirkan air bersih layak konsumsi, dapat dikonsumsi secara langsung karena telah diproses melalui alat filterisasi," kata Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh Lisdayanti, di Banda Aceh, Jumat (26/3) dikutip dari ANTARA.

Pembangunan sumur wakaf Palestina itu merupakan hasil kedermawanan dan kepedulian masyarakat Aceh melalui lembaga ACT-Global Wakaf sejak Mei 2020.

Lisdayanti mengatakan, rumah warga di Jalur Gaza juga dilengkapi dengan pipa besar agar sumur dapat mengalirkan air bersih yang melimpah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang bermukim di area tersebut.

Lisdayanti menyebutkan, dua kota itu dihuni sekitar 14 ribu hingga 15 ribu penduduk yang 85 persen diantaranya adalah masyarakat pra-sejahtera. Belasan tahun blokade Zionis telah menciptakan krisis akumulatif termasuk anjloknya ekonomi.

"Bukan hanya tidak mampu membeli air layak konsumsi, kondisi ekonomi yang rendah juga membuat masyarakat di Beit Lahia harus merasakan kurangnya pasokan listrik, tingginya angka pengangguran dan kemiskinan, dan runtuhnya sektor perikanan," ujarnya.

Kemudian, kata Lisdayanti, kondisi yang sama juga terjadi di Kota Almusaddar yang masyarakatnya didominasi petani zaitun dan sayur musiman dengan penghasilan rendah.

Letaknya yang berada di dataran tinggi turut mempengaruhi akses air di wilayah ini. Kondisi sosial ekonomi rendah membuat masyarakat di kota Almusaddar belum mampu membangun sarana akses air bersih seperti sumur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X