Mengusik Rasa Keadilan Pelanggaran Prokes Pesta Raffi Ahmad dkk, Kini Berujung Dipolisikan

- Sabtu, 16 Januari 2021 | 16:11 WIB
Raffi Ahmad dkk saat menghadiri pesta di kediaman Ricardo Gelael. (Instagram)
Raffi Ahmad dkk saat menghadiri pesta di kediaman Ricardo Gelael. (Instagram)

Banyak pihak diganjar hukuman saat melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini tengah mewabah.

Termasuk Habib Rizieq Shihab (HRS) mendapatkan ganjaran ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian.

Tidak hanya sekali tapi tiga kali jadi tersangka yang masing-masing dampak kerumunan di Petamburan dan Bogor. Terakhir dia jadi tersangka karena menghalangi Satgas Covid-19 saat menjalani perawatan di RS Ummi, Bogor.

Apa yang dilakukan oleh Raffi Ahmad saat melakukan pelanggaran Prokes yang sama dengan menghadiri pesta di kediaman Ricardo Gelael ayah pembalap Sean Gelael tentu mengusik keadilan.

Bahwa setiap orang sama di mata hukum. Jika HRS saja bisa masuk bui karena pelanggaran yang sama kenapa, artis dan para pejabat tidak mendapat ganjaran yang sama?

-
Habib Rizieq Shihab. (Indozone.id)

 

Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati menilai tidak tepat apa yang dilakukan oleh artis Rafi Ahmad yang diduga melanggar protokol kesehatan dengan menghadiri pesta usai divaksinasi COVID-19.

"Dugaan pelanggaran protokol Kesehatan yang dilakukan seusai Vaksinasi, menjadi aktualisasi kepercayaan diri yang tinggi terhadap vaksin, dan hal ini tentu saja tidak tepat dilakukan," kata Devie di Depok menanggapi kasus Raffi Ahmad, Jumat.

Ia mengatakan protokol kesehatan seyogyanya menjadi sebuah budaya yang menetap dalam perilaku keseharian di saat dan setelah pandemi COVID-19.

Berkaca dari pandemi COVID-19 sendiri lanjut Devie, yang memiliki berbagai varian sebagaimana yang terjadi di Inggris misalnya, ini mengingatkan kita bahwa gangguan kesehatan berpeluang untuk terus mengintai umat manusia di seluruh dunia.

Dari sejumlah akun media sosial, termasuk akun instagram Raffi @raffinagita1717, tampak Raffi Ahmad bersama teman-temannya berfoto maupun bernyanyi tanpa mengenakan masker.

Foto-foto yang diambil saat pesta ulang tahun teman Raffi itu lalu menjadi viral.

Padahal Raffi Ahmad menjadi salah satu orang yang mendapat kesempatan untuk divaksinasi COVID-19 perdana di Istana Merdeka pada Rabu (13/1), bersama dengan Presiden Jokowi dan tokoh-tokoh lainnya.

Pada kesempatan terpisah, selebritas Raffi Ahmad akhirnya memberikan klarifikasi atas foto-foto dirinya tengah menghadiri acara yang menjadi viral di media sosial karena melanggar aturan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X