Warga Banjarmasin yang Terdampak Banjir Gratis Layanan Kesehatan Rumah Sakit

- Rabu, 20 Januari 2021 | 01:18 WIB
Saat petugas BPBD Kota Banjarmasin evakuasi warga sakit yang tempat tinggalnya terdampak banjir.(photo/Antaranews Kalsel/Humas Pemkot Banjarmasin)
Saat petugas BPBD Kota Banjarmasin evakuasi warga sakit yang tempat tinggalnya terdampak banjir.(photo/Antaranews Kalsel/Humas Pemkot Banjarmasin)

Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengeluarkan surat edaran mengenai kebijakan menggratiskan layanan kesehatan di RSUD Sultan Suriansyah dan semua puskesmas bagi warganya yang terdampak banjir.

"Surat edaran ini sudah saya sampaikan kepada Direktur RSUD Sultan Suriansyah dan seluruh kepala puskesmas bahwa pasein yang berobat akibat bencana banjir tidak dipungut biaya, karena segalanya ditanggung pemkot," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Banjarmasin, Selasa (19/1) dikutip dari ANTARA.

"(SE itu) berlaku sejak hari ini (Selasa, 19/2)," ujarnya.

Dia memaparkan, korban yang terdampak banjir dan kemudian memerlukan pelayanan kesehatan sehingga menjadi pasien di RSUD Sultan Suriansyah atau puskesmas, maka digratiskan tanpa melihat status wilayah tempat tinggal pasien.

"Maksudnya, tetap warga Banjarmasin, tidak berlaku bagi warga luar Kota Banjarmasin, kecuali ada jaminan dari wali kota atau bupati masing-masing," katanya.

Bagi wilayah yang terdampak banjir berat hingga puskesmas di daerah itu tidak bisa beroperasi, maka pihaknya akan mendatangkan petugas kesehatan di posko penanganan bencana banjir terdekat.

Dijelaskan Machli Riyadi, langkah ini sebagai tindak lanjut dari penetapan status tanggap darurat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X