Menkes Terawan Tegaskan Kesehatan Turis Tiongkok di Indonesia Dipantau

- Selasa, 28 Januari 2020 | 17:00 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI).
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI).

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto atau yang kerap disapa Menkes Terawan menyebut kondisi kesehatan turis Tiongkok selalu dipantau ketat secara terus menerus selama berlibur di Indonesia untuk pencegahan penularan virus korona baru atau novel coronavirus (2019-nCov).

"Kita punya dua clearance kesehatan, dari negara Tiongkok juga keluarkan clearance untuk warganya yang berjalan ke sini," kata Menkes Terawan di Jakarta, Selasa (28/1/2020) mengutip Antara.

Menkes Terawan menjelaskan pemerintah memperketat pengawasan dikarenakan informasi terbaru yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa virus corona bisa menular ke orang lain walaupun orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala seperti demam dan batuk.

Dia mencontohkan tujuh turis Tiongkok di Manado Sulawesi Utara yang tidak melakukan pengecekan kesehatan ketika berangkat dari Tiongkok ke Indonesia. Turis tersebut kemudian dikarantina terlebih dulu di dalam pesawat untuk dilakukan pengecekan kesehatan sebelum benar-benar turun dari pesawat.

Ketika dinyatakan sehat, para turis Tiongkok tersebut diperbolehkan berkunjung ke destinasi wisata taman laut Bunaken. Namun selama berada di Manado turis tersebut tetap dipantau kondisi kesehatannya walaupun sudah dinyatakan sehat pada pengecekan sebelumnya.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie mengatakan hingga saat ini tidak ada warga negara asing, termasuk WNA Tiongkok, yang ditolak masuk ke Indonesia dan dikembalikan ke negaranya.

Berdasarkan pengecekan petugas karantina kesehatan, tidak ada warga negara asing yang terdeteksi mengalami gangguan kesehatan saat sampai di bandara internasional, pelabuhan internasional, dan pos lintas batas negara.

"SOP sudah dikoordinasikan, kita mengandalkan komunikasi dan koordinasi antar kementerian-lembaga, karena tiap bandara, pelabuhan, PLBN pasti ada bea cukai, imigrasi, dan karantina baik karantina kesehatan, tanaman dan hewan," pungkas Ronny.

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X