Hujan Sejak Akhir November, 116 Kota di Brasil Terendam Banjir

- Rabu, 29 Desember 2021 | 12:02 WIB
Kondisi rumah warga yang terendam banjir. (REUTERS/Amanda Perobelli)
Kondisi rumah warga yang terendam banjir. (REUTERS/Amanda Perobelli)

Sebanyak 116 kota di negara bagian Bahia, Brasil timur laut, berada dalam keadaan darurat setelah hujan lebat sejak akhir November mengguyur kawasan tersebut. Kondisi ini menyebabkan banjir yang cukup parah pada Selasa (28/12/2021).

Tak hanya itu, setidaknya kota-kota di lima negara bagian lain di utara dan tenggara Brasil juga mengalami banjir beberapa hari ini.

Di Bahia, banjir telah mempengaruhi lebih dari 470.000 orang. Di 50 kota air meluap ke rumah dan gedung-gedung perkantoran, yang menyebabkan orang-orang terpaksa meninggalkan barang-barang mereka.

Baca juga: Bendungan Jebol Banjiri Brasil Timur Laut, Berikut Foto-fotonya

Dilansir AP, data resmi dari pemerintah negara bagian menyebut 34.163 orang kehilangan tempat tinggal dan hampir 43.000 mengungsi. Sementara itu, korban tewas akibat bencana alam ini ada 21 orang dan 358 orang mengalami luka-luka.

-
Rumah warga rusak akibat banjir. (REUTERS/Amanda Perobelli)

Menurut situs web Pusat Nasional untuk Pemantauan dan Kewaspadaan Bencana Alam, curah hujan pada periode ini menjadi yang paling hebat selama 32 tahun terakhir.

Di Bahia selatan, curah hujan turun lebih dari lima kali lipat dari jumlah normal sepanjang tahun ini.

Pada hari Selasa, penduduk empat kotamadya di Bahia menerima peringatan untuk meninggalkan rumah mereka karena meningkatnya aliran Sungai Pardo, saat pembukaan pintu air bendungan Machado Mineiro di negara bagian Minas Gerais yang berdekatan.

Gubernur Bahia Rui Costa juga mengatakan bahwa banjir telah menyebabkan vaksin Covid-19 hilang dalam banjir di beberapa kota.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X