Ini Janji Taliban yang Telah Kuasai Afghanistan: Perempuan Tak Harus Mengenakan Burqa

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:46 WIB
Ilustrasi - Perempuan mengenakan burqa. (News18)
Ilustrasi - Perempuan mengenakan burqa. (News18)

Taliban akhirnya melakukan konferensi pers pertama setelah berhasil menguasai Afghanistan. Negara tersebut kini tengah mengalami kekacauan setelah ribuan orang berusaha kabur.

Sebagian warga di sana takut bila Taliban melakukan balas dendam kepada pihak-pihak yang selama ini mendukung pemerintah. Terkait hal tersebut, Taliban menegaskan bahwa pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh pihaknya tidak akan 'sekejam' itu.

Pemerintahan baru nanti akan berbeda dengan kepemimpinan pada tahun 1996-2001. Kala itu, pemerintahan Taliban sangat ketat, terutama terhadap kaum perempuan.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan bahwa pemerintahan saat ini banyak bedanya dengan pemerintahan zaman sebelumnya. Mereka berjanji tak akan membalas dendam.

"Semua yang berseberangan akan diampuni, dari A sampai Z. Kami tidak akan membalas dendam," kata Zabihullah, dilansir AFP, Selasa (18/8/2021).

Taliban berjanji akan menggandeng semua pihak untuk membentuk pemerintahan yang baru. Mereka juga akan memperhatikan hak-hak perempuan. Ke depannya, perempuan akan diperbolehkan bekerja di pemerintahan.

Taliban ingin menahan diri dan menunjukkan sikap yang lebih moderat kali ini.

"Kami Berkomitmen untuk membiarkan perempuan bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Mereka yang bekerja di bagian atau kementerian pemerintah mana pun harus melanjutkan tugas mereka dengan penuh dan melanjutkan tugas mereka tanpa rasa takut," kata Zabihullah.

Sebelumnya, saat masih memegang kekuasaan pada 1996-2002, Taliban sempat mewajibkan perempuan memakai burqa, laki-laki harus berjenggot dan tidak diperbolehkan menonton TV yang tidak berkaitan dengan keagamaan.

Kini, Taliban dikabarkan akan mengubah aturan tersebut. Perempuan tidak lagi wajib mengenakan burqa. Namun, pakaian perempuan seperti apa yang bisa diperbolehkan masih belum dijelaskan secara rinci.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X