Gubernur Sebut Disiplin Masyarakat untuk Terapkan Prokes Jadi Pencegahan Efektif

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 17:33 WIB
Ilustrasi: Warga berjalan di dekat mural bertema pencegahan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Rabu (28/7/2021). (ANTARA/Aprilio Akbar)
Ilustrasi: Warga berjalan di dekat mural bertema pencegahan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Rabu (28/7/2021). (ANTARA/Aprilio Akbar)

Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura menyatakan bahwa kesadaran dan disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) menjadi pencegahan COVID-19 yang sangat efektif.

"Disiplin dan peningkatan kesadaran menerapkan prokes jadi kunci utama menghentikan penyebaran COVID-19," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Palu, Minggu (22/08), seperti dilansir Antara.

Gubernur Rusdy menegaskan kepada organisasi perangkat daerah, bupati dan wali kota se-Sulteng agar dapat mengupayakan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Gubernur menilai bupati dan wali kota mempunyai peran penting dan strategis dalam membuat kebijakan untuk peningkatan kesadaran masyarakat. Bupati dan wali kota dapat memerintahkan kepala desa dan lurah untuk mengoptimalkan posko pencegahan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan.

"Bupati dan wali kota memiliki peran strategis untuk membuat kebijakan kepada kepala desa dan lurah agar kepala desa dan lurah meningkatkan kepatuhan masyarakatnya terhadap protokol kesehatan," sebutnya.

Selain itu, Gubernur Rusdy mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi di tingkat kabupaten/kota harus dipercepat, sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran COVID. "Percepatan vaksinasi harus kita tingkatkan agar sebaran vaksin pada masyarakat lebih maksimal," katanya.

-
Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura. (ANTARA/Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Gubernur menyampaikan dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19, Pemprov Sulteng mendapat dukungan dari beberapa perusahaan, di antaranya PT IMIP.

"Bantuan perusahaan sudah kita terima untuk mendukung penanganan COVID-19," ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur berharap semua pihak di wilayah Sulteng untuk saling mendukung dan bahu membahu dalam meminimalisasi penularan COVID-19.

"Penanganan di hulu yang harus dioptimalkan melalui kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan," katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X