Ribuan Orang di Kongo Mengungsi Akibat Gunung Meletus

- Minggu, 23 Mei 2021 | 09:17 WIB
Gunung Nyiragongo meletus. (REUTERS/HEREWARD HOLLAND)
Gunung Nyiragongo meletus. (REUTERS/HEREWARD HOLLAND)

Gunung berapi Nyiragongo di Goma, Republik Demokratik Kongo dikabarkan erupsi besar pada Sabtu malam (22/5/2021). Akibatnya, ribuan warga pun harus mengungsi. Warga kota Goma juga sempat panik dengan letusan tersebut.

Sebelumnya, pada tahun 2002, Gunung Nyiragongo sempat meletus dan menewaskan 250 orang dan menyebabkan 120.000 kehilangan tempat tinggal. Selain itu, barang-barang rumah tangga lainnya juga lenyap akibat letusan dahsyat kala itu.

Saat cahaya merah dari gunung berapi, salah satu yang paling aktif di dunia, mewarnai langit malam hari di atas kota tepi danau berpenduduk sekitar 2 juta jiwa, beberapa melarikan diri ke timur menuju perbatasan dengan negara tetangga Rwanda, sementara yang lain melarikan diri ke barat.

-
Penampakan Gunung meletus di Kongo. (REUTERS/Olivia Acland)

Dario Tedesco, seorang ahli vulkanologi yang berbasis di Goma, mengatakan retakan baru sedang dibuka di Nyiragongo, memungkinkan lahar mengalir ke selatan menuju Goma setelah awalnya mengalir ke timur menuju Rwanda.

"Sekarang Goma adalah targetnya. Ini mirip dengan letusan 2002. Menurut saya lahar itu mengarah ke pusat kota," kata Tedesco, dikutip dari Reuters.

"Mungkin berhenti sebelum atau berlanjut. Sulit memperkirakannya," sambungnya.

Sumber Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan semua pesawat PBB telah dievakuasi ke kota Bukavu di selatan dan Entebbe di negara tetangga Uganda. Listrik juga padam di sebagian besar Goma dan saluran telepon sibuk.

Sementara itu, di Kinshasa, ibu kota, Perdana Menteri Jean-Michel Sama Lukonde, mengadakan pertemuan darurat, di mana pemerintah mengaktifkan rencana evakuasi untuk Goma.

"Kami berharap tindakan yang telah diambil malam ini akan memungkinkan penduduk mencapai titik-titik yang ditunjukkan kepada mereka dalam rencana (evakuasi) ini," kata juru bicara pemerintah Patrick Muyaya.

Pengamat gunung berapi khawatir bahwa aktivitas gunung berapi yang diamati dalam lima tahun terakhir di Nyiragongo mencerminkan apa yang terjadi pada tahun-tahun sebelum letusan pada 1977 dan 2002.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X