Sedih! Anak Gajah Liar di Aceh Jaya yang Belalainya Terjerat, Kini Telah Mati

- Selasa, 16 November 2021 | 13:39 WIB
Anak gajah liar mati setelah mendapat perawatan (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Anak gajah liar mati setelah mendapat perawatan (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Seekor anak gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatrensis) yang terjerat di kawasan hutan Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh beberapa waktu lalu dilaporkan mati, setelah dua hari menjalani perawatan medis di Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Besar.

"Iya tadi pagi saya dikasih kabar bahwa gajahnya sudah mati. Tim dokter juga sedang melakukan nekropsi," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Ariyanto, dilansir Antara, Selasa (16/11/2021).

Anak gajah liar dengan jenis kelamin betina berusia sekitar satu tahun tersebut mati saat dalam proses perawatan medis, dengan kondisi belalai yang nyaris putus akibat terkena jeratan.

Anak gajah itu dibawa ke PLG Saree pada Minggu (14/11) lalu. Karena belalai yang juga berfungsi sebagai tangan nyaris putus membuat gajah susah makan dan tubuhnya semakin kurus.

"Jadi belalainya sudah membusuk, nyaris putus, makanya kita bawa kesana untuk penanganan medis. Katanya dua hari ini kondisinya cukup bagus, cuma penyebaran infeksinya itu, karena kan sudah lama (terjerat)," kata Agus.

Sebelumnya, petugas BKSDA Aceh berhasil menyelamatkan seekor anak gajah terkena jeratan yang menyebabkan belalainya nyaris putus.

Dia terlihat oleh warga gajah bergerak sendiri (terpisah dari rombongan) dengan kondisi terluka di bagian belalai dan terlihat sisa jerat yang masih menempel di bagian belalai di wilayah Desa Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Luka serius di belalainya diperkirakan sudah berlangsung lama.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X