Kritik Anies Beri Nama JIS dengan Bahasa Asing, PDIP: Lebih Tepat Stadion BMW

- Rabu, 11 Mei 2022 | 17:45 WIB
Suasana Salat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Suasana Salat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengusulkan agar nama Jakarta International Stadium (JIS) diganti menjadi Stadion Bersih Manusiawi Wibawa (BMW) seperti yang dahulu dicanangkan Fauzi Bowo atau Foke.

Menurut Gembong, nama Stadion BMW yang sempat dicanangkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pada 2008 lalu itu merupakan gambaran atau ikon yang dimiliki kota Jakarta.

"Penamaan Stadion BMW itu oleh pak Foke, kenapa BMW? Karena itu menandakan itu adalah ikon Jakarta saat itu. Bersih, manusiawi, wibawa itu waktu itu ikonnya Jakarta," ucapnya saat dihubungi, Rabu (11/5/2022).

Oleh sebab itu, Gembong pun menyebut stadion yang digadang menjadi markas Persija tersebut lebih baik diberi nama BMW dibandingkan JIS yang menggunakan bahasa asing, dan menjadi polemik di tengah masyarakat.

Baca Juga: Ini Alasan Wagub DKI Namai JIS dengan Pakai Bahasa Asing

"Saya kira untuk membangun rasa memiliki yang tinggi lebih tepat (menggunakan nama Stadion BMW) dibandingkan dengan JIS," ungkap Gembong.

Ia menilai penamaan JIS yang diberikan oleh Anies jauh dari konteks membangun bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gembong mengatakan, orang nomor satu di Jakarta itu hanya ingin memberikan kesan intelektual dengan memberikan nama JIS.

"Enggak ada urgensinya (mengedepankan intelektual), justru yang harus dibangun iti kebanggaan kita sendiri. Kita harus mewariskan kti ke anak cucu kita, kita harus bangga bahasa persatuan kita," terangnya.

"Jadi memang bahasa persatuan itu yang menyatukan kita seluruh elemen bangsa Indonesia, maka itu harus dijunjung tinggi dan itu harus jadi kebanggaan kita," tandas Gembong.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X