Kabar Wabah Virus Corona Masuk Medan Hanya Hoaks

- Sabtu, 15 Februari 2020 | 12:07 WIB
ilustrasi staf medis saat mengenakan baju dan peralatan keamanan demi cegah penyebaran virus corona (REUTERS/cnsphoto)
ilustrasi staf medis saat mengenakan baju dan peralatan keamanan demi cegah penyebaran virus corona (REUTERS/cnsphoto)

Video yang berisi informasi seorang warga di Medan, Sumatera Utara ini beredar luas di aplikasi chatting WhatsApp.

Dalam video itu terlihat, seorang pria yang memakai kemeja hitam dan menggunakan masker abu-abu, mengatakan bahwa ia baru saja mendapatkan laporan terkait adanya pasien diduga terinfeksi covid-19 di RSUP Haji Adam Malik Medan.

"Buat teman-teman semuanya saya mendapatkan informasi dari rekan medis, penyakit  COVID-19 sudah masuk ke wilayah Medan, Sumatera Utara. Tepatnya pasien dirawat di RSUP Haji Adam Malik Medan," ujar pria dalam video tersebut.

Dalam video berdurasi 00.49 detik tampak, bahwa pria tersebut mengimbau seluruh warga Medan untuk memakai masker saat keluar rumah.

-
Pria bermasker abu-abu yang menyebarkan hoaks virus corona masuk Medan (Istimewa)

Tak hanya itu, ia juga meminta untuk menghindari kontak fisik saat menjenguk keluarga di rumah sakit (RS) maupun ketika berada di luar rumah.

"Yang paling penting utamakan keluar rumah dengan mengingat Ketuhanan Yang Maha Esa agar kita dilindungi dari penyakit yang mencekam dan segala marabahaya," ujarnya.

Menyikapi video yang beredar itu, Kepala Sub Bagian Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan bahwa sampai saat ini, pihak rumah sakit belum merawat pasien suspect COVID-19.

Rosario meminta agar tak ada lagi oknum-oknum yang menyebarkan hoax terkait virus corona.

"Bagi pihak-pihak yang sering menyebarkan hoax terkait virus COVID-19 ini, kami minta untuk berhenti menyebarkan informasi tidak benar yang dapat meresahkan dan menimbulkan kepanikan di masyarakat," jelasnya di Medan, Jumat (14/2/2020).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X