Polda Kepri Sidak Pasar, Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan

- Kamis, 23 April 2020 | 13:50 WIB
Polda Kepri Sidak Pasar. (Dok. Humas Polda Kepri)
Polda Kepri Sidak Pasar. (Dok. Humas Polda Kepri)

Tim Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau (Kepri) menggelar sidak harga sembako hari ini. Polisi menyasar Pasar Mega Legenda, Kota Batam untuk mengecek harga sembako di pasar tersebut.

"Hasil pengecekkan harga sembako pada Pasar Mega Legenda yang dilaksanakan pada hari ini masih terdapat beberapa kebutuhan bahan pokok masyarakat yang harganya masih dibatas kewajaran," kata Dir Reskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Hanny Hidayat dalam keterangannya kepada Indozone, Kamis (23/4/2020).

Hanny mengatakan pihaknya sudah menyampaikan pesan ke para pedagang agar menyesuaikan harga sembako agar harga itu tetap stabil. Selain itu, untuk stok beberapa sembako disana dikatakannya stok masih sangat cukup.

"Untuk stok ketersediaan sembako seperti beras dan gula masih mencukupi. Kegiatan pengecekkan harga sembako ini akan terus kami lakukan hingga 4 bulan ke depan," kata Hanny.

-
Polda Kepri Sidak Pasar. (Dok. Humas Polda Kepri)

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan ada beberapa jenis sembako yang mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga dari Rp500 hingga Rp2 ribu.

"Hasil pemantauan hari ini ada beberapa harga sembako yang mengalami sedikit kenaikan namun kenaikan tersebut tidak signifikan. Harga sembako naik sekitar Rp500 sampai dengan Rp2 ribu dari harga eceren tertinggi (HET) yang telah ditetapkan," kata Harry.

Dalam sidak pasar hari ini, pihak kepolisian juga menggandeng beberapa instansi terkait. Polda Kepri menggandeng Disperindag Kota Batam, Bulog Kota Batam dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam dalam sidak pasar hari ini dan seterusnya.

Lebih jauh Harry mengimbau agar masyarakat Kepri tidak perlu khawatir akan adanya kelangkaan bahan pokok selama ramadan. Pihak kepolisian bersama instansi terkait akan menjamin tidak ada bahan pokok yang langka selama ramadan.

"Kepada masyarakat Provinsi Kepri untuk tidak khawatir atas ketersediaan bahan-bahan pokok menjelang bulan suci ramadan hingga menghadapi hari raya idul fitri dimana Satgas Pangan bekerja sama dengan pemerintah akan tetap terus melakukan pemantauan secara rutin," kata Harry.

-
Polda Kepri Sidak Pasar. (Dok. Humas Polda Kepri)

Berikut daftar harga sembako saat disidak oleh Polda Kepri:

1. Gula Rp12.500 per kg,
2. Beras medium Rp11.500 per kg,
3. Beras Premium Rp13.500 per kg,
4. Cabe merah Rp26.000 per kg,
5. Cabe rawit hijau Rp28.000 per kg,
6. Bawang merah Rp34.000 per kg,
7. Bawang putih Rp38.000 per kg,
8. Minyak goreng Rp11.000 per kg,
9. Tepung terigu Rp8.000 per kg,
10. Daging sapi Rp130.000 per kg,
11. Daging ayam Rp34.000 per kg,
12. Telur ayam Rp39.000 per papan.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X