Ditelpon Jokowi, Singapura Bantu Indonesia Tangani Virus Corona

- Rabu, 8 April 2020 | 13:07 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 (ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 (ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Perbincangan via telepon antara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden RI Joko Widodo, menghasilkan kerjasama penanggulangan COVID-19.

Singapura akan membantu menyediakan sanitizer dan berbagai peralatan medis kepada Indonesia. Yayasan Temasek menyerahkan bantuan sanitizer secara simbolis kepada Wali Kota Batam melalui konferensi video yang difasilitasi KBRI Singapura, Selasa (7/4/2020).

Secara simbolis diserahkan 2.100 liter konsentrat sanitizer (tanpa alkohol) yang nantinya akan dicampur air sehingga menjadi 210.000 liter sanitizer.

Sanitizer ini lalu dibagikan masing-masing setengah liter untuk setiap kepala keluarga di Batam. Konsentrat sanitizer tersebut akan diangkut kapal TNI AL dari Changi Naval Base, Singapura, ke Batam, Kepulauan Riau pada 8 April 2020.

-
Penyerahan secara simbolis bantuan konsentrat "sanitizer" dari Temasek Foundation, Singapura, kepada Pemerintah Kota Batam untuk menanggulangi wabah virus corona, Selasa (7/4/2020). (KBRI Singapura)

Beberapa bantuan dari Yayasan Temasek antara lain bantuan empat unit COVID-19 Detection System, masing-masing terdiri dari VerePLEXTM Biosystem, VereCovTM Detection Kits, dan QIAamp Viral RNA Mini Kit kepada Kementerian BUMN RI melalui Bio Farma/Kimia Farma pada13 Maret 2020.

Di samping itu, Bio Farma juga bekerja sama untuk pengadaan test kit berbasis PCR yaitu A*STAR Fortitude Kit 2.0.

Kemudian, bantuan 10.000 A*STAR Fortitude Kit 2.0, 2 Polymerase Chain Reaction Machine, 100 Viral Transport Media, empat Thermal Scanner, dan 800 set alat pelindung diri (APD) kepada Pemerintah Kota Batam pada 3 April 2020, serta bantuan tambahan berupa empat unit Philips V60 ventilators yang saat ini masih dalam proses.

Singapura juga memberikan bantuan 20.000 A*STAR Fortitude 2.0 Kits kepada Pemda Bali yang saat ini masih dalam proses pengiriman.

Selain itu, empat Philips V60 Ventilators dan dua Medtronic Puritan Bennett 980 Universal Ventilators juga dalam persiapan untuk dikirimkan langsung ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X