KASN Diminta Bikin Rumusan Ekosistem Kepemimpinan ASN yang Adaptif

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Dokumentasi ASN sedang ikut apel. (ANTARA/HO-Pemkab Karawang)
Dokumentasi ASN sedang ikut apel. (ANTARA/HO-Pemkab Karawang)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dapat merumuskan kepemimpinan ASN yang adaptif untuk membangun pemimpin publik yang transformatif.

“Rumuskan ekosistem seleksi kepemimpinan ASN yang adaptif guna membangun pemimpin publik yang transformatif,” ujar Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat hadit secara virtual Pemberian Anugerah Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dan Launching Sistem lnformasi Jabatan Pimpinan Tinggi (SIJAPTI) 4.0 di Jakarta, Kamis, (6/10/2022).

Ma’ruf mengatakan, dengan ekosistem seleksi yang adaptif. Maka dapat memunculkan talenta-talenta Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki ide-ide visioner.

“Sekaligus mampu melakukan eksekusi kebijakan dan langkah-langkah konkret dalam menjawab tantangan pembangunan,” katanya.

BACA JUGA: 50 Kasus Penimbunan-Oplos BBM di Jateng Terbongkar, Pelakunya Ada ASN

Kemudian, lanjut Ma’ruf, KASN perlu mendesain strategi nasional yang terpadu untuk menciptakan dan memperkuat fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu dalam ikatan kebangsaan.

Hal ini, jelas Ma’ruf, karena Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keberagaman dan memiliki SDM Aparatur Sipil Negara yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

“Otonomi Daerah dan desentralisasi janganlah mengotak-ngotakkan kita dalam semangat kedaerahan. Namun, marilah kita kuatkan visi besar otonomi daerah, bahwa daerah yang maju akan berkontribusi bagi Indonesia yang maju,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf menekankan perlu adanya penguatan peran KASN dalam pengawasan sistem merit di era demokrasi.

Prinsip netralitas dan profesional, diungkapkan Ma’ruf, harus menjadi platform bersama bagi para pengambil kebijakan di pusat dan daerah.

“Di sinilah, pentingnya peran KASN dalam menjaga relasi birokrasi dan visi kepemimpinan sesuai prinsip meritokrasi. Kiranya kita membangun wajah birokrasi yang mendukung agenda transformasi Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

BACA JUGA: Belum Terima Laporan, Anak Buah Anies Bantah Ada Praktik Jual Beli Jabatan di Pemprov DKI

Ma’ruf berpesan, agar acara penganugerahan hari ini dapat menjadi motivasi untuk mendorong penataan birokrasi dan ASN yang lebih baik lagi ke depannya.

“Saya mengapresiasi Komisi Aparatur Sipil Negara yang telah menyelenggarakan acara ini, sebagai momentum pendorong akselerasi dan evaluasi untuk mewujudkan SDM ASN berkelas dunia sebagaimana diamanatkan Undang-Undang,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X