Plt Ketum PPP Sempat Dipanggil Presiden Jokowi ke Istana di Tengah Isu Reshuffle Kabinet

- Senin, 30 Januari 2023 | 10:06 WIB
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kiri). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kiri). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau Awiek mengungkapkan, bahwa Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono telah dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, dia tidak menyebutkan kapan persisnya Mardiono bertemu Presiden Jokowi dan tak tahu detail dari isi pertemuan tersebut. 

Pemanggilan Presiden Jokowi terhadap Mardiono dilakukan di tengah kencangnya isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang disebut-sebut akan diumumkan pada Rabu 1 Februari 2023 yang bertepatan dengan Rabu Pon.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga telah dipanggil ke Istana.

“Beberapa kali Plt ketum PPP diundang ke istana. Apa yang dibicarakan kami tidak tahu persis,” kata Achmad Baidowi saat dihubungi, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Rahasiakan Isi Pertemuan dengan Surya Paloh di Istana Negara: Mau Tahu Aja

Meski mengaku tak mengetahui apa yang dibahas antara Mardiono dan Presiden Jokowi, tetapi Awiek menyatakan bahwa PPP siap jika kadernya dipercaya menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju. 

"Kalau PPP dipercaya Insya Allah siap," ungkap Awiek.

Lebih lanjut, Awiek mengatakan, partainya menghormati langkah Presiden Jokowi jika akhirnya memutuskan untuk merombak jajaran menterinya. Sebab, hal itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Kita menghormati konstitusi bahwa urusan kabinet merupakan hak prerogatif presiden,” tandasnya.

Baca Juga: Mardiono Bertemu dengan WPP, Bahas Strategi Pemenangan Pemilu 2024

Sebelumnya, Presiden Jokowi merespons soal isu reshuffle kabinet Indonesia maju yang disebut bakal dilakukan pada Rabu 1 Februari 2023 atau bertepatan dengan Rabu Pon dalam kalender Jawa. 

Diketahui, Rabu Pon kerap menjadi hari bagi Presiden Jokowi untuk mengumumkan perombakan kabinet sejak 2014. Terkait isu kocok ulang dalam kabinetnya, Kepala Negara meminta masyarakat untuk menunggu realisasi dari kabar tersebut. 

“Masa? Rabu Pon? Bener? Hehe. Ya nanti tunggu aja,” kata Presiden Jokowi usai menghadiri kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1/2023)
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X