Cerita Polisi di Tapteng yang Ikut Memakamkan ODP pada Malam Hari

- Sabtu, 18 April 2020 | 16:18 WIB
Brigadir Fiki, Bhabinkamtibmas di Polsek Sibabangun turun langsung memakamkan ODP yang meninggal di Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (16/4/2020). (ANTARA/HO)
Brigadir Fiki, Bhabinkamtibmas di Polsek Sibabangun turun langsung memakamkan ODP yang meninggal di Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (16/4/2020). (ANTARA/HO)

Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, memutuskan proses pemakaman Orang Dalam Pegawasan (ODP) sesuai dengan SOP COVID-19. Pemakaman berlangsung pada malam hari.

ODP warga Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut meninggal pada Kamis (16/4/2020). Dia dimakamkan sesuai protokol Covid-19 mengingat almarhum dikabarkan sempat mengalami sesak napas sebelum meninggal dan juga masih dalam status pemantauan.

Sebagai korban pertama yang meninggal dengan status ODP di Tapanuli Tengah, tim relawan belum memiliki pengalaman dan keberanian dalam proses pemakaman, apalagi situasinya malam hari.

Salah satu orang yang ikut membantu pemakaman itu, selaku Bhabinkamtibmas di Polsek Sibabangun, ialah Brigadir Fiki. Didorong rasa tanggung jawab di wilayah tugasnya, tanpa ragu Brigadir Fiki langsung mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) bersama tim medis lainnya.

Jenazah pun dimasukkan ke mobil ambulans menuju pemakaman keluarga di Lingkungan III Kelurahan Sibabangun. Proses pemakaman pun berlangsung dengan baik walaupun sampai malam hari.

“Terima kasih atas tindakan kemanusiaan yang sudah dilakukan saudara Fiki Hambali bersama dengan rekan dan tim medis. Sebagai Bhabinkamtibmas memang harus mengutamakan ketertiban masyarakat agar selalu aman dan kondusif, terlebih dalam suasana wabah COVID-19 seperti sekarang ini,” ujar Kapolres, Jumat (17/4), seperti dilansir dari Antara.

Namun, Brigadir Fiki harus menjalani karantina. Sebab dia terlibat langsung memakamkan jenazah ODP. Hal itu dilakukan guna memastikan kondisi kesehatannya sebelum kembali bertugas dan bergabung dengan keluarganya.

Menanggapi tindakan yang dilakukan anak buahnya, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Sukamat yang dimintai tanggapannya mengapresiasi tindakan Brigadir Fiki Hambali. Menurutnya, dalam melaksanakan tugas polisi harus bertindak cepat selaku penganyom masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X