Era New Normal, Jalan Tol Perketat Protokol Kesehatan

- Selasa, 2 Juni 2020 | 17:31 WIB
Jalan Tol.(Instagram/@jasamarga)
Jalan Tol.(Instagram/@jasamarga)

Era new normal, hidup berdampingan dengan virus corona mulai dijalankan di berbagai bidang. PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah mulai mensosialisasikan aturan new normal di seluruh cabang tol yang dikelola. 

Ini setelah adanya arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya (HK), J. Aries Dewantoro, mengatakan bahwa untuk di cabang tol tidak ada persiapan khusus dalam menyambut new normal. 

Pasalnya, sejak diberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) di seluruh unit bisnis Hutama Karya, baik karyawan hingga petugas yang ada di setiap cabang tol mayoritas tetap melakukan WFO mengacu pada arahan dari pemerintah untuk tetap mengoperasikan jalan tol. 

"Meski begitu, dalam tahapan new normal, protokol kesehatan di seluruh cabang tol kami tingkatkan lagi standarnya. Seluruh petugas tol tanpa terkecuali wajib menggunakan masker atau face shield dan sarung tangan, lalu akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan riwayat sakit pra dan pasca kerja sesuai dengan standar minimal protokol Covid-19," kata Aries di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PT Hutama Karya (Persero) (@hutamakarya) on

Aries menambahkan, selain itu pihaknya juga memberlakukan sistem kerja zonasi tanpa adanya rolling lokasi kerja, penyemprotan disinfektan rutin di area gerbang, kantor dan fasilitas umum. 

Lalu menghentikan sementara sistem layan top-up tunai, pengaturan area kerja di kantor cabang dengan mengutamakan physical distancing, penyediaan hand sanitizer di area toilet, mushola, restoran, area kerja.

"Fasilitas umum dan lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa pemanfaatan teknologi digital juga diberlakukan di seluruh cabang tol seperti meminimalisir pertemuan tatap muka dan mengubahnya ke dalam pertemuan online, absensi secara online dengan menggunakan aplikasi. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PT Hutama Karya (Persero) (@hutamakarya) on

Adapula tanda tangan dokumen secara digital, dan yang paling terbaru yaitu pengembangan layanan self-update check balance saldo uang elektronik di gerbang tol dan fasilitas layanan top-up mobile di seluruh cabang tol yang dikelola oleh Hutama Karya. 

"Kami telah mengembangkan layanan self-update check balance saldo uang elektronik dan fasilitas layanan top up mobile di Gerbang Tol sebagai pengganti dari top-up tunai yang sudah dihentikan. Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi HK Toll Apps dimana didalamnya banyak sekali fitur yang bermanfaat terutama pada saat diberlakukannya Physical-distancing ini, contohnya seperti layanan top-up mobile tadi," jelasnya.

HK pun memastikan bahwa dalam mengimplementasikan new normal di ruas tol yang dikelolanya tidak membuat Hutama Karya lengah dengan protokol Covid-19. Tapi lebih memperketat lagi dan akan benar-benar mengacu pada protokol kesehatan dan protokol bekerja yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X