Adaptasi New Normal, Gojek Perkuat Standar Layanan Protokol Kesehatan 

- Kamis, 11 Juni 2020 | 14:52 WIB
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan terhadap helm yang akan digunakan penumpang di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan terhadap helm yang akan digunakan penumpang di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Manajemen Gojek berinovasi guna beradaptasi pada tatanan baru di masa pandemi dan memperkuat standar pelayanan dengan menerapkan protokol kesehatan yang merujuk pada rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Chief of Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho, mengatakan, pada layanan roda-dua GoRide, kembali beroperasi di DKI Jakarta pada masa PSBB Transisi, mulai minggu ini. Gojek pun melakukan uji coba penggunaan sekat pelindung yang berfungsi meminimalisasi penyebaran virus melalui droplet.

"Sebelumnya, sekat pelindung juga telah dipasangkan pada armada roda-empat GoCar. Fasilitas yang menjadi bagian dari inovasi kesehatan Gojek ini merupakan standar baru layanan Gojek, sehingga pengguna dan mitra tidak dikenakan biaya tambahan," kata Shinto di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Shinto menjelaskan, inovasi sekat pelindung ini melengkapi kesigapan Gojek menjalankan operasional layanan transportasi di DKI Jakarta dan wilayah-wilayah lainnya.

Sejalan dengan ketentuan pemerintah, Gojek mewajibkan mitra driver dan penumpang menggunakan masker selama perjalanan serta menggunakan helm dengan benar, bagi mitra untuk membawa hand sanitizer dan melakukan disinfeksi kendaraan secara rutin, serta membatasi operasional GoRide di area yang ditetapkan sebagai wilayah pengendalian ketat berskala lokal.

Adapun upaya ini, katanya, merupakan bentuk dukungan Gojek terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan layanan transportasi yang mengedepankan aspek kesehatan.

"Gojek sepakat dengan Pemerintah bahwa bagaimanapun keamanan, kesehatan dan kebersihan harus tetap menjadi perhatian utama di masa pandemi ini. Lewat uji coba sekat pelindung di GoRide ini, kami mencari solusi teraman bagi mitra kami sehingga dapat tetap membantu masyarakat untuk bermobilitas sesuai dengan protokol kesehatan," tambahnya.

Dia menambahkan, setelah uji coba ini, pihaknya akan meneruskan masukan yang didapat di lapangan dari mitra driver maupun penumpang. Sehingga nantinya, tercipta suatu standar yang benar-benar mampu menjawab kebutuhan riil ditinjau dari aspek kesehatan, maupun keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X