Atasi Pandemi, Puan Tegaskan Pentingnya Kerja Sama Internasional

- Selasa, 23 Februari 2021 | 12:01 WIB
 Ketua DPR RI Puan Maharani hadir dalam pertemuan The Prepatory Committee of The Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP), yang berlangsung secara virtual pada Senin (22/2) malam. (DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani hadir dalam pertemuan The Prepatory Committee of The Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP), yang berlangsung secara virtual pada Senin (22/2) malam. (DPR RI)

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara dibutuhkan kerja sama internasional.

Menurut Puan, kerja sama adalah cara yang sangat baik dilakukan di tengah berbagai tantangan global yang disebabkan oleh pandemi. Tantangan itu antara lain kemiskinan dan kesenjangan sosial, ketimpangan gender, konflik dan perang, serta perkembangan teknologi informasi.

"Pandemi global ini menyadarkan akan pentingnya kerja sama internasional dalam menangani masalah bersama ini. Saat ini kerja sama internasional telah menjadi kepentingan nasional masing-masing negara," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (23/02), seperti dilansir Antara.

Hal tersebut disampaikan Puan dalam pertemuan The Prepatory Committee of The Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP), yang berlangsung secara virtual pada Senin (22/2) malam.

Bukan hanya pertemuan utama 5WCSP, pada kesempatan itu diadakan pula Summit of Women Speakers of Parliament (SWSP).

Puan menilai kerja sama internasional adalah hal yang mutlak dilakukan sebagai upaya untuk meneguhkan kembali komitmen pada prinsip multilateralisme yang menjunjung tinggi solidaritas dan kolaborasi.

Selain itu, Puan mengatakan bahwa ketersediaan vaksin pada awal 2021 harus diimbangi dengan distribusi yang merata.

"Akses vaksin yang adil, aman, efektif, dan berkualitas bagi semua orang dan semua negara," ujarnya.

Sementara itu, terkait konferensi, Puan mengusulkan tema “Kepemimpinan Parlemen dalam Masa Pemulihan Pasca-pandemi COVID-19. Dia menilai tema tersebut akan memberikan pandangan ke depan bagaimana parlemen bisa berkontribusi dan menjadi bagian dari solusi penyelesaian pandemi.

Puan adalah satu-satunya pimpinan parlemen dari Asia Tenggara yang menjadi bagian dari Preparatory Committee.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X