Soal Kelangkaan Kedelai, Polri hingga Kini Belum Temukan Tindakan Penimbunan

- Rabu, 13 Januari 2021 | 13:28 WIB
Ilustrasi perajin membuat tempe berbahan kedelai lokal di industri rumahan
Ilustrasi perajin membuat tempe berbahan kedelai lokal di industri rumahan

Mabes Polri menyebut pihaknya hingga saat ini masih memantau terkait bahan pokok makanan jenis kedelai yang akhir-akhir menjadi langka. Dari pemantauan, Polri belum menemukan adanya indikasi penimbunan yang dilakukan oleh para pihak tidak bertanggung jawab.

Kabag Penum Divisi Hunas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, Satgas Pangan Polri hingga kini masih melakukan pemantauan terkait kelangkaan kedelai tersebut.

"Terkait kegiatan pengawasan Satgas Pangan terhadap kelangkaan kedelai, sampai saat ini Satgas Pangan masih melakukan pemantauan terhadap kemungkinan-kemugkinan," kata Kombes Ramadhan kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Ramadhan menyebut Satgas Pangan hingga saat ini juga mengantisipasi adanya penimbunan kedelai yang brakibatkan kelangkaan. Hingga saat ini, Polri belum menemukan adanya aksi penimbunan kedelai.

"Dan mengantisipasi terhadap kemungkinan penimbunan-penimbunan terhadap kedelai. Sampai saat ini belum ditemukan penimbunan-penimbunan kedelai atau bahan kedelai," beber Ramadhan.

Seperti diketahui, kelangkaan dan naiknya harga kedelai menjadi perhatian Polri. Polri pun bergerak mencari indikasi penimbunan kedelai.

Hasil penyelidikan Polri sementara disimpulkan jika kenaikan harga kedelai karena harga asli kedelai dari negara asal sudah naik. Ditambah lagi transportasi untuk membawa kedelai sedikit terhambat dan membuat kedelai lama sampai ke Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X