Utusan Khusus PBB Temui Penjabat Menteri Afghanistan Bahas Bantuan Kemanusian

- Kamis, 16 September 2021 | 23:21 WIB
Ilustrasi logo PBB. (photo/REUTERS/Carlo Allegri/File Photo)
Ilustrasi logo PBB. (photo/REUTERS/Carlo Allegri/File Photo)

Kepala Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afghanistan Deborah Lyons bertemu dengan penjabat menteri dalam negeri Afghanistan Sirajuddin Haqqani untuk membahas bantuan kemanusiaan.

Haqqani, yang selama bertahun-tahun merupakan salah satu militan yang paling dicari di dunia, baru-baru ini telah ditunjuk oleh Taliban menjadi bagian dari pemerintah yang baru, yang berusaha mencegah krisis kemanusiaan di Afghanistan.

"(Haqqani) menekankan bahwa personel PBB dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa hambatan dan memberikan bantuan penting kepada rakyat Afghanistan," kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen di Twitter pada Kamis (16/9) dilansir dari REUTERS.

Baca juga: Menlu Retno Sebut Indonesia Akan Beri Bantuan Rp42,7 Miliar untuk Afghanistan

Afghanistan yang sudah menghadapi kemiskinan dan kekeringan parah, situasinya semakin memburuk sejak Taliban mengambil alih kekuasaan bulan lalu karena adanya gangguan bantuan, kepergian puluhan ribu orang termasuk pemerintah dan pekerja bantuan, serta runtuhnya banyak kegiatan ekonomi.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pada konferensi bantuan internasional minggu ini bahwa warga Afghanistan sedang menghadapi "mungkin masa yang paling berbahaya".

Misi PBB di Afghanistan mengatakan bahwa dalam pertemuan pada Rabu (15/9), Lyons telah menekankan "kebutuhan mutlak bagi semua personel PBB dan kemanusiaan di Afghanistan untuk dapat bekerja tanpa intimidasi atau halangan untuk memberikan bantuan vital dan melakukan pekerjaan untuk rakyat Afghanistan".

Untuk diketahui, Haqqani adalah salah satu orang yang paling dicari biro penyelidik federal AS (FBI) dengan hadiah 10 juta dolar (sekitar Rp142,5 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X