12 Tahun Buron, Maling Uang Rakyat Ini Tertangkap karena Gugat Cerai Istri

- Jumat, 17 September 2021 | 10:17 WIB
Buronan kasus korupsi di Kabupaten Garut yang bernama Tauhidi Fahrurozi ditangkap (Istimewa)
Buronan kasus korupsi di Kabupaten Garut yang bernama Tauhidi Fahrurozi ditangkap (Istimewa)

Buronan kasus korupsi di Kabupaten Garut yang bernama Tauhidi Fahrurozi, ditangkap tim Kejari Garut setelah buron selama 12 tahun. Selama ini, dia sulit ditangkap karena berpindah tempat dan berganti identitas.

Keberadaannya mulai terkuak setelah mendaftarkan gugatan cerai kepada istrinya.

"Tauhidi ini memang sempat buron selama 12 tahun, tinggal di beberapa wilayah dan sempat mengganti identitas. Saat dia melakukan gugatan cerai, data-datanya muncul di kejaksaan sehingga alamat rumahnya dan yang lainnya kita ketahui," kata Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Neva Sari Susanti, Kamis (16/9).

Tim Kejari Garut, Intel, dan Pidsus, tidak buang waktu dan langsung meluncur ke Subang untuk menangkap Tauhidi. Dia ditangkap rumahnya di Jalan Perum Mahkota, Kabupaten Subang, Kamis (16/09/2021), dan kemudian digiring ke Lapas Garut.

Pria ini sebelumnya dinyatakan bersalah dalam kegiatan peningkatan sarana dan prasarana usaha kelautan tahun anggaran 2005 di Lingkungan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat.

Dia melakukan korupsi pembangunan Pusat Pelelangan Ikan (PPI) di Pelabuhan laut Pantai Santolo yang dibiayai APBD Provinsi tahun 2005.

"Dari anggaran hampir Rp1,2 miliar itu, Tauhidi merugikan negara hamper Rp600 juta. Jadi yang bersangkutan saat melakukan pekerjaan volumenya dan speknya tidak sesuai, penyelesaian tidak tepat waktu, juga ketika pemeliharaan tidak dilakukan dengan baik," ungkapnya.

Tauhidi awalnya sempat divonis bebas. Namun, di tingkat kasasi dan PK ke Mahkamah Agung,  Tauhidi divonis 2 tahun penjara, denda Rp200 juta subsider 6 bulan penjara, dan uang pengganti Rp499 juta subsider 1 tahun penjara.

Putusan tersebut inkrah pada tahun 2009. Namun, setelah vonis Tauhidi tidak diketahui keberadaannya hingga akhirnya ditangkap baru-baru ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X