Gerindra Harap Forum G20 Bisa Kembali Gaungkan Semangat Politik Bebas Aktif

- Selasa, 15 November 2022 | 13:40 WIB
Logo G20. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa).
Logo G20. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa).

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 merupakan sebuah kebanggaan atas keberhasilan diplomasi internasional pemerintah Indonesia dengan negara-negara perekonomian terbesar di dunia. 

Muzani pun mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah berhasil meyakinkan negara-negara G20 untuk mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah. Dia berharap, forum G20 bisa menjadikan Indonesia sebagai negara yang terus mendengungkan persatuan dan perdamaian dunia.

"Partai Gerindra mengapresiasi Presiden Jokowi dan berharap perhelatan G20 presidensi Indonesia di Bali bisa menciptakan perdamaian dunia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Muzani dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022). 

Baca Juga: Presiden Jokowi Harap G20 Percepat Pemulihan Ekonomi Inklusif

Menurut Muzani, G20 adalah pertemuan penting antara negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Dia menyebut, hampir 60 persen perekonomian dunia saat ini ditopang oleh negara-negara yang tergabung dalam G20. 

-
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. (Dok Gerindra).

Lebih lanjut, diungkapkan Muzani, Partai Gerindra juga berharap pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping menjadi stimulus agar negara-negara di dunia lebih mengutamakan perdamaian dan menghindari konflik. 

Termasuk, kata dia, pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan pemimpin-pemimpin negara G20 juga diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi bangsa Indonesia maupun dunia. 

"Pertemuan para pemimpin dunia di Bali memberi harapan dan optimisme bagi masyarakat dunia bahwa dari Indonesia bisa melahirkan perdamaian dunia, kesejahteraan, serta keadilan. Pertemuan Presiden Amerika Joe Biden dengan Presiden Cina Xi Jinping adalah bentuk nyata bagi partisipasi Indonesia dalam upaya menciptakan dunia yang damai, aman, dan tertib," jelas Muzani. 

Baca Juga: Presiden Jokowi: KTT G20 Harus Berhasil dan tidak Boleh Gagal!

Selain itu Wakil ketua MPR ini mengharapkan, forum G20 mampu kembali menggaungkan politik bebas aktif. Sebab, kata Muzani, hal ini penting sebagai upaya meredam konflik antara Ukraina dan Rusia yang berdampak pada krisis pembangunan, perekonomian, bahkan ancaman perang dunia ketiga. 

"Semangat politik bebas aktif yang digelorakan negara-negara nonblok pada saat itu harus kembali digelorakan. Sebagaimana semangat Bung Karno dalam pidatonya saat Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 yang menekankan perlunya politik dunia yang multipolar. Mengedepankan kemanusiaan dan kerjasama dalam membangun dunia yang lebih baik," tutur Muzani. 

Indonesia, lanjut Muzani, diharapkan mampu mengambil manfaat dari perhelantan presidensi G20. Sehingga, kata dia, tema recover together, recover stronger dapat diimplementasikan dengan baik dan maksimal.

“Dalam upaya menciptakan perdamaian dunia, mengatasi krisis, memberi kontribusi pembangunan ekonomi dunia, isu perubahan iklim, serta reformasi digital,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X