Kronologi Xi Jinping 'Marah' ke PM Kanada di KTT G20

- Kamis, 17 November 2022 | 12:57 WIB
PM Kanada, Justin Trudeau (kiri) dan Presiden China Xi Jinping  (Adam Scotti/Prime Minister's Office/HandoutAdam Scotti/Prime Minister's Office/Handout via REUTERS).
PM Kanada, Justin Trudeau (kiri) dan Presiden China Xi Jinping (Adam Scotti/Prime Minister's Office/HandoutAdam Scotti/Prime Minister's Office/Handout via REUTERS).

Presiden China Xi Jinping disebut-sebut menegur Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau usai melakukan pertemuan untuk kerja sama bilateral. Alasannya PM Kanada, Trudeau membocorkan isi pertemuan mereka ke awak media.

Sebagaimana mengutip dari Theguardian, Kamis (17/11/2022), disebutkan bahwa beredar video Xi menegur Justin Trudeau yang berbincang di sela-sela KTT G20 Bali, Rabu (16/11/2022) kemarin.

Di mana keduanya pun berbincang sambil berdiri saja. Adapun disebutkan dari video itu Xi marah menegur Trudeau, lantaran menganggap isi pertemuan mereka tidak pantas diungkapkan.

“Semua yang kami diskusikan telah bocor ke koran, itu tidak pantas,” kata Xi kepada Trudeau melalui seorang penerjemah. 

“Dan itu bukan cara percakapan dilakukan,” tambahnya.

Baca Juga: KTT G20: Isi "Bali Leaders Declaration" Singgung Perang Rusia-Ukraina, Apa Bunyinya?

Mendapatkan teguran tersebut, Trudeau menyebutkan bilamana di Kanada selalu mengedepankan dialog kebebasan dan terbuka. 

“Di Kanada, kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka dan terus terang dan itulah yang akan terus kami lakukan,” kata Trudeau, menyela penerjemah Xi. 

"Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif, tetapi akan ada hal-hal yang tidak kami setujui," tambahnya.

Baca Juga: Momen Presiden Xi Jinping Angkat Tangan Kagum Gelaran G20 di Bali Begitu Spektakuler

Selain itu, dalam laporan itu sambil memberi isyarat dengan tangannya, Xi memberi tahu Trudeau bahwa keduanya harus menciptakan kondisi terlebih dahulu. Keduanya kemudian mengakhiri percakapan mereka dengan berjabat tangan dan pergi ke arah yang berlawanan, dengan perdana menteri Kanada tampak terpukul dari pertemuan itu.

Usai Xi dan PM Kanada melakukan perbincangan, salah satu tim Trudeau mengatakan dia dan Xi juga membahas invasi Rusia ke Ukraina, Korea Utara, dan pentingnya konferensi keanekaragaman hayati Cop15 pada bulan Desember. Di mana China dan Kanada akan menjadi tuan rumah bersama.

“Melindungi alam dan memerangi perubahan iklim”, kata sumber itu.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X