Demam Lotre, Warga Thailand Sembah Pohon Untuk Angka Keberuntungan

- Sabtu, 26 Oktober 2019 | 16:30 WIB
photo/South China Morning Post/Tibor Krausz
photo/South China Morning Post/Tibor Krausz

Penduduk Thailand yang percaya dengan takhayul, berbondong-bondong mendatangi kuil Wat Bo yang berada di tengah kota Bangkok, setiap pekannya. Mereka -terutama para penggemar lotre- menyembah sebuah pohon tua yang dianggap keramat, berharap mendapat angka keberuntungan.

Pohon keramat itu memiliki tinggi mencapai tiga meter. Menurut kepercayaan warga setempat, pohon itu dihuni oleh roh 'Nang Ta-khian' yaitu seorang wanita muda cantik yang memberikan keberuntungan kepada mereka yang menyembah pohon itu.

Beberapa warga setempat mengaku telah memenangkan lotre beberapa kali, setelah angka muncul dari kulit dan dahan pohon itu. Karena cerita-cerita beredar itulah, banyak penduduk terobsesi mengunjungi kuil tersebut. Waktu paling ramai adalah ketika malam hari.

-
photo/South China Morning Post/Tibor Krausz

Mereka pun membawa sesajen berupa dupa yang diletakkan di dahan pohon itu. Salah satu warga, Wandee Khawkham, mengatakan keponakannya telah memenangkan satu juta baht (30.000 dolar AS) setelah melihat angka di kulit kayu pohon yang disembah.

"Dia (keponakan) melihat angka-angka di kulit kayu", ujar wanita paruh baya dengan riasan tebal itu, dilansir dari South China Morning Post.

Pengunjung lainnya, Pakapon Chummano, pun mengungkapkan hal serupa. Pria berumur 54 tahun itu mengaku sudah menang lotre 70.000 baht (2.122,50 dolar AS) berkat pemujaan di pohon itu.

-
photo/South China Morning Post/Tibor Krausz

"Saya telah memenangkan hadiah kecil sebelumnya dari pohon tersebut. Saya pikir, saat saya dalam situasi sulit, pohon tersebut membantu saya," kata Pakapon.

Di sisi lain, ada juga pengunjung yang masih menunggu untuk nomor keberuntungannya. Tanaporn Udomlarp mengaku telah berulang kali datang ke kuil itu dengan putrinya untuk memberi penghormatan. Namun, dia belum pernah memenangkan lotre sekalipun.

"Saya datang ke sini sebagian besar untuk berdoa, saya berharap Nang Ta-khian akan membantu saya memenangkan lotre," kata pria berusia 42 tahun itu.

-
photo/South China Morning Post/Tibor Krausz

Dia berharap dengan memenangkan lotre, bisa menambah pemasukan untuk keluarganya. Karena gaji yang ia terima di sebuah pabrik di Bangkok tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Aku tidak meminta banyak darinya, aku akan senang dengan tambahan sedikit uang itu," ujatnya.

Seperti diketahui, bisnis lotre di Thailand memang sangat digemari. Para penjual lotre dengan mudahnya bisa ditemui di hampir setiap sudut jalan. Warga pun ramai mengerumuni, berharap nomor pilihannya membawa keberuntungan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X