Ketua IPW Diperiksa Soal Dugaan Korupsi Wamenkumham Hari Ini: Bawa Bukti Lengkap!

- Senin, 20 Maret 2023 | 09:25 WIB
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso akan diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi Wamenkumham. (Antara Foto/IPW)
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso akan diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi Wamenkumham. (Antara Foto/IPW)

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Senin (20/3/2023). Dia akan dimintai keterangan terkait dugaan gratifikasi Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej.

Dalam pesan singkat kepada Indozone, Sugeng memastikan dirinya akan hadir memenuhi panggilan KPK. Dia menyebut pemeriksaan ini dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB pagi ini.

"Benar, saya akan memberikan keterangan pada KPK sebagai pelapor dugaan korupsi Wamen EOSH," kata Sugeng Teguh Santoso.

Baca Juga: Klarifikasi soal Laporan IPW Terkait Gratifikasi Rp 7 M, Yasonna Laoly Panggil Wamenkumham

Dia tak menyebut fokus pemeriksaan yang akan dilakukan penyidik KPK terhadap dirinya hari ini. Hanya saja, Sugeng berjanji mengungkap berbagai informasi yang dimiliki, untuk membuktikan dugaan korupsi Wamenkumham.

"Saya juga bawa barang bukti. Lengkap," tambahnya.

Sugeng sebelumnya melaporkan dugaan korupsi Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej, atas dugaan aliran dana senilai Rp7 miliar. Uang tersebut diterima Wamenkumham melalui asisten pribadinya (aspri), Yogi Arie Rukmana.

Baca Juga: Aspri Wamenkumham Polisikan Ketua IPW atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

"Ini terkait adanya aliran dana sekitar Rp7 miliar yang diterima melalui dua orang, yang diakui oleh EOSH sebagai asisten pribadinya, diterima melalui asprinya," kata Sugeng pada 14 Maret lalu.'

Yogi Arie Rukmana pun mengatakan, dirinya akan bersikap kooperatif terkait kasus dugaan gratifikasi ini. Dia memastikan akan memenuhi panggilan penyidik KPK terkait kasus ini.

"Saya sebagai warga negara yang baik, saya kooperatif jika memang ada panggilan. Kalau KPK memanggil saya, saya akan datang," kata Yogi pada 15 Maret lalu.

Artikel menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X