Warga Pulau Belakang Padang Panjat Menara Radio Kibarkan Bendera Merah Putih

- Senin, 17 Agustus 2020 | 17:21 WIB
Warga Pulau Belakangpadang mengibarkan bendera dengan memanjat menara radio, Senin (17/8/2020). (Dok. Camat Belakangpadang)
Warga Pulau Belakangpadang mengibarkan bendera dengan memanjat menara radio, Senin (17/8/2020). (Dok. Camat Belakangpadang)

Warga Pulau Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau memanjat menara radio untuk mengibarkan bendera, pada upacara peringatan HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020). Seorang pemuda yang bertugas sebagai pembawa bendera menyerahkan kain merah putih kepada penjaga menara, Melky.

Setelah itu, pemuda tersebut memanjat salah satu tiang tertinggi di pulau yang berhadapan dengan Singapura tersebut. Proses pengibaran diiringi lagu Indonesia Raya, sebagaimana biasa.

"Ini merupakan inisiatif pemuda Kampung Bugis Batu Gajah, Belakangpadang," ujar panitia upacara, Bram, Senin (17/8/2020).

Uniknya, Melky yang berasal dari Papua, mengenakan pakaian adatnya saat memanjat dan mengibarkan bendera. Bram mengatakan, Melky adalah ahlinya kalau soal memanjat.

"Kerja Oom Melky memang memanjat. Kalau kami pemuda yang memanjat, takut. Karena dia ahlinya, kami serahkan saja pada yang ahli. Kami pembawa bendera kasih ke Oom Melky terus dia yang memanjat," kata Bram.

Melky sendiri diketahui telah menetap di Pulau Belakangpadang selama lebih dari 10 tahun. Upacara diikuti sekitar 15 orang pemuda pulau, dan dihadiri pengurus RT dan RW setempat. Pihak kelurahan dan kecamatan tidak dapat hadir karena menghadiri acara di pulau utama, Pulau Batam.

Artikel menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X