Jepang Ciptakan Masker Cerdas, Bisa Terkoneksi Internet

- Minggu, 28 Juni 2020 | 11:05 WIB
Masker canggih yang bisa terkoneksi internet. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Masker canggih yang bisa terkoneksi internet. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Sebuah perusahaan startup di Jepang bernama Donut Robotics mengembangkan masker cerdas yang bisa terkoneksi internet.

Koneksi tersebut memungkinkan penggunanya bisa mengirimkan pesan dan menerjemahkan dari bahasa Jepang ke 8 bahasa lainnya.

Masker yang dinamai C-mask tersebut menutup wajah sesuai dengan ukuran standar dan terhubung melalui Bluetooth ke aplikasi smartphone dan tablet yang bisa menyalin ucapan ke dalam pesan teks.

"Kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan robot dan kami telah menggunakan teknologi itu untuk menciptakan produk yang merespons bagaimana virus corona membentuk ulang kehidupan sosial," ujar kepala eksekutif Donut Robotics, Taisuke Ono, dilansir dari Reuters, Minggu (28/6/2020).

Ide pembuatan masker canggih ini muncul ketika mereka mencari produk untuk membantu perusahaan bertahan di tengah pandemi Corona.

Saat awal-awal munculnya Corona, startup tersebut baru saja mendapatkan kontrak untuk memasok robot pemandu dan penerjemah di bandara Haneda Tokyo.

Tapi, produk ini belakangan menghadapi masa depan tidak pasti menyusul jatuhnya bisnis perjalanan akibat pandemi Corona.

Mulai September nanti, sebanyak 5.000 C-mask pertama akan dikirimkan ke para pembeli. Taisuke Ono berharap masker tersebut bisa dipasarkan hingga ke negara lain seperti Amerika, Tiongkok hingga Eropa. Masker ini sendiri dijual seharga Rp574 ribu.

Untuk mengembangkan masker tersebut, Ono harus mengumpulkan 28 juta yen atau sekitar Rp3,7 miliar. Agar targetnya tercapai, ia menjual saham Donut Robotics miliknya melalui situs crowdfunding Jepang Fundinno.

"Kami menaikkan target awal kami 7 juta yen dalam waktu tiga menit dan berhenti setelah 37 menit ketika kami telah mencapai 28 juta yen," ujar Ono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X