Menhan Prabowo Mau Tanam Singkong Massal di Lahan 60 Ribu Hektar

- Rabu, 16 September 2020 | 11:56 WIB
Prabowo Subianto. (Instagram/@prabowo)
Prabowo Subianto. (Instagram/@prabowo)

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kabarnya akan menanam singkong di lahan seluas 60 ribu hektar. Penanaman singkong ini merupakan bagian dari program Lumbung Pangan yang dipimpin oleh Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo ditunjuk oleh Jokowi untuk memimpin program tersebut. Terkait program tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengaku diminta Prabowo menyiapkan 30 hektar lahan untuk ditanami singkong.

"Usulan dari Kemhan kita diminta untuk menyediakan lahan yang dibutuhkan sekitar 30 ribu hektar, maka untuk penyediaan lahannya mulai kita kaji," ujar Hamka Sabri, dilansir Antara, Selasa (15/9/2020).

Ada pun daerah-daerah yang akan ditanami singkong tersebut yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Rejang Lebong.

Rencana penanaman singkong berskala besar ini sendiri merupakan bagian dari program ketahanan pangan nasional.

"Pangan sebagai salah satu pilar utama dalam ketahanan negara, salah satu upaya penyediaan lumbung pangan itu adalah dengan penanaman singkong ini," ujar Hamka Sabri.

Nantinya, perkebunan singkong ini akan dikelola oleh TNI yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan juga akan melibatkan masyarakat.

Sebelumnya, rencana Prabowo untuk menanam singkong di lumbung pangan sempat diungkapkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Syahrul menambahkan, Kementerian Pertanian (Kementan) tidak akan terlibat dalam penanaman singkong tersebut. Sebab, Kementan ditugaskan untuk mengurus penanaman padi di lahan 30 hektar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X