Jusuf Kalla Sarankan Pengurus Masjid Atur Shalat Tarawih Bergiliran saat Ramadhan

- Selasa, 23 Maret 2021 | 21:30 WIB
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (tengah) di Hotel Grand Legi, Mataram, untuk menghadiri Pelantikan dan Rakernas DMI, di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (23/3/2021). (photo/Antara/HO/Humas DMI)
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (tengah) di Hotel Grand Legi, Mataram, untuk menghadiri Pelantikan dan Rakernas DMI, di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (23/3/2021). (photo/Antara/HO/Humas DMI)

Jusuf Kalla selaku  Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyarankan, agar pengurus masjid bisa mengatur jadwal salat tarawih secara bergiliran atau dua sif saat Ramadhan tahun ini 1422 Hijriah, mengingat kondisi Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19.

"Kita akan memasuki bulan suci Ramadhan dalam waktu dekat ini. Tahun ini, masjid sudah bisa dipakai untuk Tarawih, selama memberlakukan protokol kesehatan yang baik," kata Jusuf Kalla melalui siaran persnya diterima, Selasa (23/3) dikutip dari ANTARA.

"Untuk itu, apabila memang diperlukan demi mengakomodir jamaah yang mau Shalat Tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau dua sift," katanya saat Pelantikan dan Rakernas DMI, di Hotel Grand Legi, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia itu kembali mengingatkan, kewajiban jamaah menjaga jarak minimal satu meter sesuai aturan protokol kesehatan COVID-19, tentu menjadi hal utama dalam memutus mata rantai penyebarannya.

Hal itu membuat daya tampung masjid menurun hingga 40 persen dari daya tampung sebenarnya. Untuk itu, kata pria disapa JK itu menyarankan, demi memenuhi animo masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah Shalat Tarawih, bisa dilakukan bergiliran.

"Maknanya apa? tentu mempunyai makna sebagian umat tidak bisa tertampung karena harus mengikuti aturan jaga jarak," tutur Ketua Umum Palang Merah Indonesia itu.

Baca juga: Demi Jaga Prokes, Polda Metro Sebut Razia Ditiadakan, Namun Penindakan Jalan Terus

Untuk diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Meskipun belum ada keputusan resmi dari pemerintah.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang diumumkan melalui maklumat yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretarisnya Agung Danarto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X