Pendaftaran CPNS dan P3K Dimulai Bulan Oktober

- Rabu, 31 Juli 2019 | 09:17 WIB
JK saat memberikan  pembekalan pada CPNS/setkab.go.id
JK saat memberikan pembekalan pada CPNS/setkab.go.id

Pemerintah kembali membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) baik jadi Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, penerimaan ASN baru pada tahun 2019 ini akan dibuka kembali Oktober mendatang.

Paling tidak, total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 yang mencakup 100.000 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil  dan 100.000 formasi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Tahap Kedua. 

BKN memperkirakan sebanyak 5,5 juta pelamar akan mengikuti seleksi penerimaan ASN pada Oktober mendatang. Jumlah itu melebihi pelamar pada seleksi CPS tahun 2018 sebanyak 3.636.251 juta, dengan rincian jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791.

Ia menegaskan, dalam proses seleksi nanti, pihaknya berencana menyiapkan 108 titik lokasi di seluruh Indonesia untuk dimanfaatkan untuk lokasi ujian. 

"Jumlah ini tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak, oleh karena itu beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah," katanya. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menegaskan, perekrutan CPNS dan PPPK tahun ini akan tetap fokus pada tenaga teknis profesional seperti guru dan juga tenaga kesehatan.

"CPNS tetap tenaga-tenaga yang teknis profesional, tetap guru, tenaga kesehatan, kemudian tenaga-tenaga yang akan ditempatkan di kementerian, lembaga juga harus teknis profesional. Jadi tenaga administrasi tidak akan direkrut."

Ia mengatakan, perekrutan tenaga medis dan guru dilakukan mengingat karena masih banyaknya Puskesmas di seluruh Indonesia yang masih mengalami kekurangan dokter."Baru 75 persen Puskesmas yang memiliki tenaga medis," katannya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X