Atlet Pemenang Bupati Cup Pandeglang dapat Rp95 Ribu, Bupati Murka Ancam Copot Kadispora

- Selasa, 21 Desember 2021 | 10:50 WIB
Hadiah Bupati Cup Pandeglang (Istimewa)
Hadiah Bupati Cup Pandeglang (Istimewa)

Heboh pemberitaan mengenai hadiah "recehan" untuk atlet pemenang event olahraga Bupati Cup di Pandeglang

Ada empat cabor yang dilombakan, yaitu pencak silat, panjat tebing, karate dan futsal. Juara 1 mendapatkan Rp225 ribu dengan dipotong pajak, juara 2 mendapat Rp175 ribu (dipotong pajak jadi Rp165 ribu) dan juara 3 mendapat Rp100 ribu (dipotong pajak jadi Rp95 ribu).

Juara satu cabor pencak silat bahkan hanya mendapatkan uang Rp45 ribu. Yang semakin membuat geleng-geleng kepala, Kadispora Pandeglang, Dadan Saladin mengatakan hadiah juara 3 itu kelebihan seribu perak dan minta dikembalikan.

"Itu semua kena pajak 6 persen. Tapi untuk juara tiga kan dikasihnya Rp 95 ribu, harusnya Rp 94 ribu. Ada kelebihan itu seribu, itu dibalikin lagi uang itu ke kami," kataya.

"Kami kan sesuai anggaran yang ada saja, udah yang kami berikan segitu. (Soal anggaran) enggak tahu itu mah, intinya kembaliin seribu rupiah kepada kami, udah, cukup," singkatnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita Murka

Buntutnya, Bupati Pandeglang Irna Narulita murka kepada Kadispora Pandeglang dan akan memecatnya. Menurut Irna, Kadispora sudah mencoreng nama baiknya karena tidak mengetahui adanya event berhadiah "recehan" tersebut.

"Sudah saya berikan peringatan tadi, copot Kadispora," kata Irna, Senin (20/12/2021).

Sebelumnya, Irna mengomeli Kadispora bernama Dadan tersebut saat apel pagi pada Senin.

"Anda salah, yang ditampar bupati, lolos juga tuh kegiatan Bupati Cup, nyaho henteu bupatina, komo ke teknis-teknis hadiah (tahu tidak bupatina, apalagi ke teknis hadiah), yang tolol bupatinya atau yang tolol kadis, mencoreng nama baik bupati," kata Irna.

Irna menyoroti penyelenggaraan Bupati Cup yang tidak memberi laporan lebih dulu ke dirinya. Kepala Dinas juga tidak melakukan konsultasi sama sekali meskipun event tersebut membawa-bawa nama bupati.

Anggaran Mencapai Rp150 Juta

-
Hadiah Bupati Cup Pandeglang (Istimewa)

Irna juga meminta inspektorat mengaudit event tersebut karena ternyata kegiatan itu dibekali anggaran Rp150 juta. Tapi, hadiahnya cuma di kisaran ratusan ribu rupiah.

"Inspektorat audit, Rp 150 juta, hadiah Rp 80 (juta), Rp 100 (juta) juga oke, Rp 50 (juta) kegiatannya, ulah loba ngabatina (jangan banyak ambil untung)," kata Irna.

Namun, belum diketahui kapan sanksi pencopotan terhadap Kadispora Pandeglang akan benar-benar diterapkan.

Tanggapan Kadispora Pandeglang

-
Kadispora Pandeglang, Dadan Saladin (Istimewa)

Dadan hanya bisa pasrah terancam dicopot dari jabatannya. Dia mengatakan semua sudah merupakan ketentuan dari Allah SWT.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X