Pemilu 2024 Digelar 14 Februari, Ketua DPR: Penyusunan PKPU Harus Penuhi Aspek Prokes

- Rabu, 26 Januari 2022 | 12:58 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta penyusunan Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024, harus mengedepankan kepentingan rakyat.

Dia juga mengingatkan agar tahapan Pemilu yang harus dibuat dapat dilakukan dengan seksama.

“Termasuk bagaimana dalam proses pelaksanaan nanti, jangan sampai ada celah dalam pemenuhan aspek protokol kesehatan. Sambil kita berharap nantinya kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik,” imbau Puan, Selasa (26/1/2022).

Politikus PDIP itu menyatakan bahwa penetapan jadwal Pemilu 2024 yang diselenggaran tanggal 14 Februari, dapat membuat persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi Indonesia itu semakin matang.

“Kesepakatan yang diambil secara cermat dengan mempertimbangkan segala aspek ini adalah hal yang baik demi semakin terjaminnya hak konstitusional warga dalam Pemilu,” tuturnya.

Politisi PDIP ini berujar jika keputusan bersama antara DPR, Pemerintah dan penyelenggara Pemilu tersebut akan meningkatkan kualitas demokrasi di Tanah Air.

Baca juga: Antisipasi Invasi Rusia, AS Kirim Rudal Javelin ke Ukraina

“Pemilu 14 Februari, persiapan harusnya lebih matang, agar kekurangan pemilu sebelumnya tidak terulang, sehingga Pemilu berjalan dengan baik dan hak konstitusional rakyat bisa terpenuhi,” tegas Puan.

Mantan Menko PMK itu menegaskan pihaknya akan terus mendukung tahapan proses Pemilu 2024. 

Puan menyebut, negara harus menjamin hak konstitusi rakyat dengan memberikan jaminan terhadap pelaksanaan Pemilu dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil).

Kemudian Puan berharap pelaksanaan Pemilu 2024 akan memberikan waktu lebih banyak kepada KPU dalam mempersiapkan Pilkada serentak yang pada 2024 juga akan diselenggarakan, yakni tanggal 27 November. 

Ia pun meminta Pemerintah untuk terus memfasilitasi setiap kebutuhan dalam tahapan Pemilu.

“Saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan mengawal proses tahapan Pemilu 2024. Dengan begitu, kami berharap, proses Pemilu menjadi transparan dan mengakomodir suara rakyat,” tandas Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X