Sederet Potret Menakjubkan Sepanjang 2021, Kapal Tersangkut di Suez Hingga Astronot Israel

- Minggu, 12 Desember 2021 | 19:31 WIB
Kiri: Kapal tersangkut di Terusan Suez (EPA) | Kanan: Astronot Israel (Getty Images via BBC)
Kiri: Kapal tersangkut di Terusan Suez (EPA) | Kanan: Astronot Israel (Getty Images via BBC)

2021 segera berakhir. Sepanjang tahun ini, ada sejumlah potret menakjubkan dari beberapa peristiwa penting yang berhasil diabadikan oleh para fotografer terbaik dunia.

Dikutip dari BBC Culture, Minggu (12/12/2021), berikut sederet potret menakjubkan sepanjang 2021, mulai dari kapal tersangkut di Terusan Suez hingga penampakan astronot Israel.

Menteri luar negeri Tuvalu berpidato di pinggir laut

-
(REUTERS)

Menteri luar negeri Tuvalu, Simon Kofe pada November 2021 menyedot perhatian publik internasional. Saat berbicara dalam konferensi iklim PBB di Glasgow, dia berdiri di atas podium yang berada di tengah laut.

Tampak ketinggian air laut yang setinggi pahanya itu membasahi setelan jas rapinya. Ini merupakan cara Simon Kofe menunjukkan bagaimana naiknya permukaan laut akibat krisis iklim yang mengancam negaranya.

"Kami tidak akan tinggal diam," seru Simon Kofe saat itu.

Potret Simon Kofe itu mengingatkan pada karya seniman digital Jerman Kota Ezawa pada 2011 yang bertajuk The Flood, potret yang terinspirasi dari gambar-gambar media yang memperlihatkan lingkungan tenggelam akibat naiknya permukaan laut di selatan Amerika.

Alat berat ekskavator dan kapal tersangkut di Terusan Suez

-
(EPA)

Sebuah foto memperlihatkan betapa kecilnya alat berat ekskavator saat mengevakuasi kapal Ever Given yang mengangkut 20.000 kontainer tersangkut di Terusan Suez, Mesir.

Potret yang diabadikan oleh fotografer EPA itu menyedot perhatian publik internasional dan menjadi perbincangan di media sosial.

Kapal tersangkut di Terusan Suez menjadi salah satu peristiwa hangat di tahun 2021 ini. Insiden tersebut membuat lalu lintas pelayaran internasional mendadak berhenti dan memicu kenaikan harga terhadap beberapa komoditas.

Pesawat militer AS angkut pengungsi Afghanistan

-
(DEFENSEONE)

Ratusan warga berjejal di dalam pesawat Angkatan Udara AS yang meninggalkan Afghanistan usai Taliban kembali menguasai ibu kota Kabul pada Agustus 2021.

Foto yang memperlihatkan sekumpulan orang putus asa memadati pesawat C-17 Globemaster III itu menjadi salah satu potret paling menakjubkan diabadikan pada tahun ini.

Potret tersebut mengingatkan pada patung perahu yang dijejali imigran terlantar karya seniman kontemporer Kanada Timothy Schmalz Angels Unawares.

Astronot Israel pelatihan untuk Mars

-
(GETTY IMAGES VIA BBC)

Sangat indah! Itulah kesan pertama melihat foto yang memperlihatkan dua orang dengan setelan astronot berjalan di Kawah Ramon di gurun Negev, Israel.

Diketahui, keduanya sedang dalam misi pelatihan untuk Mars. Mereka menjelajahi kawasan terpencil di Israel yang kondisinya diperkirakan sama seperti yang akan mereka jumpai di Mars.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X