MKD DPR: Pengadaan Anggaran Multivitamin Sebesar Rp2 M Bukan untuk Anggota Dewan

- Kamis, 2 September 2021 | 12:32 WIB
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Habiburokhman. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Habiburokhman. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman menjelaskan pengadaan multivitamin oleh Setjen DPR sebesar Rp2 miliar itu bukan untuk anggota DPR RI. Namun untuk pegawai yang bekerja di lingkungan DPR RI.

"Soal anggaran vitamin di DPR perlu saya garis bawahi itu bukan untuk anggota DPR tetapi untuk staf pendukung seperti Pamdal (pengamanan dalam), Staf PNS, Staf Sekretariat dan lain-lain," tutur Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

Dia menegaskan bahwa para karyawan yang bekerja di lingkungan DPR harus mendapatkan proteksi di masa pandemi Covid-19. Mengingat mereka kerap bertemu dan melayani masyarakat yang hendak datang ke Kompleks Parlemen DPR.

"Orang-orang tersebut memang harus mendapat proteksi karena mereka bertemu langsung dan melayani masyarakat yang datang ke DPR. Jangan sampai masyarakat yang ke DPR justru terpapar Covid-19 dari staf yang bekerja di DPR dan sebaliknya," jelas dia.

Habiburokhman pun mencontohkan beberapa waktu lalu puluhan Pamdal sempat terpapar Covid-19, hal ini menurutnya sangat riskan mengingat mereka selalu bertugas dari pintu gerbang hingga di dalam gedung DPR.

"Beberapa waktu lalu puluhan pamdal sempat terpapar, riskan sekali karena mereka berjaga di pintu gerbang, pintu gedung dan dekat lift yang tiap hari sangat ramai dilintasi orang," tutur dia.

Diketahui sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Sekretariat Jendral (Setjen) DPR RI melakukan pengadaan multivitamin senilai Rp2 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021.

Adapun pengadaan itu tercatat dalam Layanan Pengadaan Secara elektronik (LPSE) DPR RI. Mengutip dari laman lpse.dpr.go.id, tertera satuan kerja yang melakukan pengadaan adalah Sekretariat Jenderal DPR RI. Kemudiain nilai pagu paket pengadaan vitamin ini berjumlah Rp2.096.080.000,00. Nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) paket senilai Rp2.074.950.955,00.

BACA JUGA: Berikut Daftar Nama dan Peran 7 Terduga Pelaku Bully dan Pelecehan Seksual di KPI Pusat

Tertera tanggal pembuatan tender pada tanggal 16 Juli 2021 dengan nomor 685087. Status tender pengadaan itu saat ini telah selesai dengan peserta tender ada sebanyak 18 peserta.

Sistem tender pengadaan multivitamin itu dengan tender cepat, pascakualifikasi satu file, harga terendah sistem gugur. Untuk pemenang dari tender multivitamin ini adalah PT. Chemipharma Julien Djonelida dengan harga terkoreksi Rp1.733.655.000.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X