Wow! UI jadi Peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Peringkat 9 di Asia

- Kamis, 29 Juli 2021 | 11:51 WIB
Gedung rektorat UI (ANTARA/Feru Lantara)
Gedung rektorat UI (ANTARA/Feru Lantara)

Universitas Indonesia menempati peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, UI juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam top 10 perguruan tinggi terbaik di Asia dengan menduduki peringkat ke-9.

"UI dinilai terbaik dalam hal keterbukaan akses publikasi ilmiah, sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan internet," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra Amelita Lusia, MSi CPR, Rabu (28/7), dikutip dari Antara.

Dalam peringkat dunia, UI menempati urutan 729 edisi Juli 2021 berdasarkan hasil dari Webometrics yang merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbagai website terhadap perguruan tinggi sedunia.

Amelita mengatakan, pencapaian peringkat tersebut berdasarkan keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian webometrics yang terdiri atas tiga indikator penilaian yang dipergunakan.

"Yaitu visibility impact atau web contents impact (dengan bobot 50 persen) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum)," katanya.

Selanjutnya openness (dengan bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar, dan excellence (dengan bobot 40 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan sumber dari Scimago.

Dari indikator tersebut, dalam hal visibility atau dampak dari konten-konten yang berada di website, UI meraih ranking 436 dunia. Kemudian pada indikator excellence yaitu jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks di Scimago, UI berada di peringkat 1.250, dan pada indikator openness berupa jumlah kutipan dari peneliti terbaik, UI berada di peringkat 761 dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X