2 Alasan Pulau Sebaru Kecil Menjadi Lokasi Observasi Kesehatan

- Selasa, 25 Februari 2020 | 18:09 WIB
Ilustrasi pulau. (Pexels/Flo Dahm)
Ilustrasi pulau. (Pexels/Flo Dahm)

Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta dipilih menjadi lokasi observasi kesehatan para WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar World Dream. Sebanyak 188 WNI direncanakan mulai melakukan observasi pada Jumat (28/2/2020). Mereka dijadwalkan tiba di pulau pada pukul 3 dini hari.

Ada alasan khusus yang membuat pemerintah memutuskan menjadikan Pulau Sebaru Kecil sebagai tempat observasi kesehatan para WNI yang menjadi ABK di World Dream.

Menurut Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, di pulau tersebut sudah tersedia fasilitas yang lengkap. Sebab pada awalnya tempat tersebut hendak dijadikan pusat rehabilitasi bagi pasien ketergantungan obat.

"Fasilitas di sana ada tapi tidak digunakan. Di Pulau Sebaru Kecil sudah ada existing bangunan yang berdiri sejak 2008 dan didesain untuk rehabilitasi. Ada 8 bangunan bertingkat," ujar Yurianto dalam telekonferensi, Selasa (25/2/2020) di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan.

Dirinya menambahkan, di masing-masing bangunan yang ada sudah dilengkapi dengan kamar tidur, ruang makan, dapur, dan lainnya. Selain itu, pasokan listrik dan ketersediaan air juga terbilang memadai. Atas dasar inilah Pulau Sebaru Kecil dianggap ideal sebagai tempat observasi kesehatan para WNI.

"Selama ini pulau tersebut hanya dirawat 10 orang, jauh juga pemukiman warga. Kalau sehari-hari ada yang singgah paling hanya nelayan pencari ikan karena di sana ada sumber air yang bagus," ucap Yuri.

Guna mempersiapkan Pulau Sebaru Kecil, pemeriksaan sudah mulai dilakukan. Pemeriksaan dilakukan oleh para TNI. Tak hanya itu, rencananya tim kesehatan juga akan diberangkatkan Rabu siang untuk mempersiapkan kebutuhan observasi kesehatan. Tim yang diberangkatkan berjumlah 30 orang.

"Mulai kemarin kesiapan pulau sudah dilakukan. TNI mengecek ulang fungsi bangunan dan terus diakukan perbaikan kecil karena (bangunan) sudah lama tidak digunakan," pungkas Yurianto.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X