Terjadi Lagi Penipuan Berkedok Hadiah Undian dari Baim Wong, Kenali Modusnya

- Kamis, 23 Desember 2021 | 11:35 WIB
Kasus Penipuan Berkedok Hadiah Undian dari Baim Wong. (Instagram/@baimwong)
Kasus Penipuan Berkedok Hadiah Undian dari Baim Wong. (Instagram/@baimwong)

Baru-baru ini terjadi lagi kasus penipuan berkedok hadiah undian mengatasnamakan artis yakni Baim Wong. Tak tanggung-tanggung, hadiah itu berupa uang hingga ratusan juta rupiah.

Melalui akun Instagram pribadinya, Baim Wong kembali membagikan video gadis remaja yang nyaris jadi korban penipuan senilai Rp20 juta, yang mencatut namanya. 

Beruntung, seorang karyawan minimarket yang merekam kondisi itu tampak curiga dengan banyaknya transaksi yang dilakukan oleh remaja tersebut. Ia merasa remaja itu tengah ditipu oleh orang yang menelpon mengatasnamakan tim Baim.

Modus penipuan 

-
Komplotan penipu yang mencatut nama Baim Wong. (Instagram/@poldametrojaya)

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menangkap komplotan penipu yang mencatut nama Baik Wong. Dalam menjalankan aksinya, mereka mengirimkan SMS blast seolah-olah korban mendapatkan hadiah undian dari Baim. 

Pelaku mengirimkan SMS seolah-olah mendapatkan hadiah ratusan juta lalu mengarahkan korban untuk mengklik situs tertentu. Sesudah masuk ke akun yang diperintahkan, maka penipu akan masuk lewat WhatsApp untuk menghubungi calon korban. 

Diminta menyetorkan sejumlah uang

-
Korban penipuan yang mengatasnamakan Baim Wong. (TikTok/@ikhabolla011018)

Setelah berhasil terhasut, lantas korban penipuan akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang yang disebut sebagai biaya administrasi. 

Uang ini biasanya disetorkan ke sebuah marketplace atau jenis-jenis transaksi uang elektronik lainnya. Biasanya mereka mendapat keuntungan sebesar Rp400 hingga Rp10 juta dari modus penipuan tersebut. 

Memasang foto profil gambar Baim Wong

-
Penipu memasang foto profil Baim Wong. (TikTok/@ikhabolla011018)

Untuk semakin membuat korbannya percaya, pelaku penipuan ini bahkan sampai memakai foto profil wajah Baim Wong memegang uang. 

Nantinya mereka mengirimkan sejumlah kode marketplace dan mengarahkan korban untuk melakukan transaksi. 

Baca juga: Baim Wong Geram Namanya Dicatut Penipuan Rp20 Juta, Modus Menang Undian

Respon Baim Wong

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by baim wong (@baimwong)

Melalui keterangan di unggahan tersebut, Baim merasa sedih sekaligus geram karena masih adanya penipuan yang mencatut namanya. 

"Sedih, Masih ada trus yang tertipu.. Padahal @poldametrojaya sudah berhasil menangkap pelaku sebelumnya.. Tapi Pelaku2 penipuan yg lain ternyata masih banyak," tulis Baim Wong, seperti dikutip Indozone, Kamis (23/12/2021).

Baim cari alamat korban dan minimarket

-
Korban penipuan yang mengatasnamakan Baim Wong. (TikTok/@ikhabolla011018)

Tak hanya itu, Baim yang juga sedih melihat gadis yang sudah berharap mendapat hadiah darinya itu juga mencari keberadaan gadis tersebut. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X