Koin Berusia 125 Tahun Dijual Seharga 18 miliar

- Rabu, 21 Agustus 2019 | 11:52 WIB
Twitter/@PCGScoin
Twitter/@PCGScoin

Sebuah koin seharga $1,32 juta atau sekitar Rp18 miliar baru saja terjual kepada seorang pebisnis asal Utah pada minggu lalu dalam sebuah pelelangan koin di Chicago.

Menurut Stack Bowers Galleries, koin dengan harga fantastis ini bukanlah koin biasa. Koin ini adalah koin buatan Barber Dime yang dibuat pada tahun 1984 dan hanya ada 24 keping.

-
Twitter/@PCGScoin

 

Sebelum ini, koin berharga fantastis ini sempat dimiliki oleh Dell Loy Hansen yang juga memiliki Real Salt Lake MLS team. Hansen memang dikenal sebagai kolektor koin seperti koin yang pernah dibuat di US Mint tahun 1972.

Seorang presiden dari David Lawrence Rare Coins, John Brush sering membantu Hansen mengumpulkan koleksi koinnya. Brush mengatakan bahwa Hansen hanya perlu enam koin lagi untuk melengkapi koleksinya. Sayangnya, koin-koin miliknya tidak untuk diperjualbelikan.

Dari acara pelelangan tersebut dapat diketahui bahwa koin ini dibuat pada tahun 1894 oleh Barber Dime yang artinya koin ini sudah berusia 125 tahun. Koin ini didesain secara langsung oleh seorang pemahat bernama Charles E. Barber yang juga sering mendesain koin-koin untuk US Mint.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X