Pesan Wamenkeu: Meski Pandemi Berakhir, Transformasi Digital Harus Jalan Terus

- Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:00 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengapresiasi transformasi digital yang sudah terjadi sejak masa pandemi global terjadi. Ia berharap, meski pandemi sudah berakhir nanti, transformasi digital bisa terus dilanjutkan, khususnya untuk menunjang tugas pemerintahan.

Suahasil mengatakan, pandemi saat ini menjadi momentum yang tepat untuk mendorong transformasi digital yang lebih kuat, karena secara bersamaan juga terjadi larangan berinteraksi secara fisik. Ia juga menilai dengan penggunaan teknologi digital, maka kerja institusi pemerintah semakin efisien.

"Kita menggunakan kesempatan pada saat ini untuk merumuskan efisiensi tata kelola yang bisa kita manfaatkan. Setelah itu, semoga bisa menjadi bagian kehidupan kita meskipun pada saatnya nanti vaksin Covid-19 ditemukan," ujar Suahasil dalam webinar yang diselenggarakan Kemenkeu, Rabu (12/8/2020).

Suahasil menambahkan, semua sektor pemerintahan bertugas mendorong dan memikirkan arah transformasi digital untuk dijalankan di masa datang.

Menurutnya, wacana transformasi digital di Kemenkeu bahkan telah mulai dibicarakan sejak beberapa tahun lalu.

Suahasil mengatakan model kerja WFH tetap harus berjalan hingga beberapa waktu mendatang, karena dunia belum mengetahui kapan pandemi akan berakhir. Pemerintah juga tidak bisa memastikan waktu untuk bisa mengembalikan rasa aman masyarakat pasca pandemi tersebut karena obat dan vaksin virus corona belum ditemukan.

"Karena transformasi digital ini bukan pilihan, tapi keharusan yang harus betul-betul kita pikirkan apa kelanjutannya dan apa efisiensi yang bisa kita dapatkan," pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X