Belum Ada Kelonggaran PSBB, Jokowi: Baru Sebatas Skenario

- Senin, 18 Mei 2020 | 12:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (FOTO: ANTARA/Puspa Perwitasari)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (FOTO: ANTARA/Puspa Perwitasari)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kebijakan untuk melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait penanganan virus Corona atau Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak ingin menilai bahwa saat ini pemerintah telah melakukan pelonggaran PSBB. Maka dari itu, ia kembali menegaskan hal ini.

“Saya ingin tegaskan bahwa belum ada kebijakan kelonggaran PSBB,” ucap Jokowi dalam video conference pengantar rapat terbatas (ratas), Senin (18/5/2020).

Jokowi mengungkapkan bahwa pada saat ini, pemerintah baru membuat rencana ataupun skenario mengenai pelonggaran. Namun, hal tersebut masih belum diputuskan karena harus menimbang data dan fakta di lapangan.

“Yang sedang kita siapkan, baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran, yang akan diputuskan setelah ada timing yang tepat. Serta melihat data-data dan fakta di lapangan. Biar semuanya jelas. Karena kita harus hati-hati jangan keliru kita memutuskan,” ungkapnya.

-
Presiden Joko Widodo. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Oleh sebab itu, dalam dua minggu kedepan, Jokowi mengungkapkan kalau fokus pemerintah adalah untuk menahan kegiatan mudik oleh masyarakat, dan mengendalikan arus balik setelah Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Oleh sebab itu, saya minta ke Kapolri, dibantu Panglima TNI untuk memastikan larangan mudik ini berjalan efektif di lapangan,” tutup Jokowi.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X