Cerita WNI di Amerika: Hidup dari Uang Tabungan Selama Pandemi Corona

- Minggu, 17 Mei 2020 | 09:49 WIB
WNI di Amerika, Andriyanto. (Instagram/@andri.indonesia)
WNI di Amerika, Andriyanto. (Instagram/@andri.indonesia)

Andriyanto, warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai koki restoran di Amerika mengaku turut terdampak pandemi virus corona. Restoran tempatnya bekerja di daerah Virginia terpaksa tutup dan kini ia tidak bekerja. 

"Penghasilan aku juga berkurang. Biasanya aku juga kirim uang untuk orang tua tapi karena ada pandemi seperti ini, nggak tahu ini nanti bagaimana," kata Andri seperti dilansir dari akun Instagram @voaindonesia, Minggu (17/5/2020).

Kini, ia hidup dari uang tabunganya. Tabungannya diperkirakan bisa untuk hidup lebih dari lima bulan di Amerika. Terlebih, Andri juga seorang Youtuber yang memiliki penghasilan USD400 per bulan atau setara Rp6 juta. Menurutnya, jumlah itu cukup untuk biaya makannya selama satu bulan.

Selama pandemi, Andri memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan kegiatan yang bersifat menambah skill seperti belajar editing, belajar main ukulele, dan belajar main drone. Selain itu, ia juga bisa lebih fokus untuk beribadah selama Ramadan di rumah aja. Andri sendiri sudah delapan kali menjalani Ramadan di Amerika.

-
Andriyanto (Instagram/@andri.indonesia)

 

Lebih lanjut Andri menceritakan, sebelum pandemi, ia berencana untuk keliling Amerika. Ia sudah mempersiapkan tabungan untuk bisa travelling, namun rencana tersebut gagal dilakukan.

"Kita nggak ke 50 negara bagian, hanya 48 saja, karena dua negara bagian berada jauh di Alaska dan Hawaii," tuturnya.

Andri mengatakan, tujuannya keliling Amerika di antaranya mempromosikan batik Indonesia.

Seperti diketahui, jumlah kasus positif virus corona di Amerika menjadi yang tertinggi di dunia. Berdasarkan data dari Worldometer pada Sabtu (17/5/2020), jumlah pasien positif 1.507.773 dan jumlah kematian mencapai 90.113 orang serta pasien sembuh 339.232.

Artikel menarik lainnya

Jelang Lebaran, Volume Kendaraan Menuju Puncak Meningkat Tajam

Nangis Sesenggukan, YouTuber Indira Kalistha Akui Kesalahan dan Minta Maaf

Maling Burung yang Tertangkap di Pemalang Ngaku Pengangguran dan Istrinya Hamil

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X